Nyaris Punah Ikan Purba ini Hanya Hidup di Perairan Indonesia

  Hai, Emak Pintar Indonesia adalah negara maritim dengan pulau-pulau indahnya yang berjajar. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa indahnya. Mengundang decak kagum setiap wisatawan yang melihat.  Dan tahukah Emak, ternyata indonesia memiliki spesies ikan purba yang masih hidup hingga saat ini, loh. Ya. Orang setempat menyebu [...]

2017-05-17 13:51:37 29

Hal Hal Yang Membatalkan Puasa

Puasa Ramadhan merupakan rutinitas ibadah yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya. Puasa Ramadhan merupakan puasa yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari. Puasa Ramadhan dilaksanakan dari mulai fajar hingga terbenam matahari. Ajaran Islam puasa di blan Ramadhan dapat menghapus kesalahan atau terampuni dosa yang telah diperbuat dengan catatan meninggalkan segala larangan yang membatalkan puasa. A [...]

2017-05-12 16:16:56 29

5 Kebiasaan Unik yang Sering Dilakukan Saat Menyambut Ramadhan

Ramadhan yang dijuluki sebagai bulan penuh ampunan kerap mendatangkan kesyahduan di hati banyak orang. Meski penuh dengan perjuangan, namun sambutan sukacita seolah sudah menjadi tradisi yang tak bisa dihilangkan. Akan ada kerinduan yang tak bisa ditepis, dan ini terlihat dari beragamnya persiapan, yang dilakukan kaum muslim. Emak ingin tahu apa saja tradisi tersebut? Ini, dia!   1. Zia [...]

2017-05-12 14:43:12 29

Agar Emak Tetap Tenang Saat Anak Ujian

    Musim ujian ini, Mak. Apa yang Emak rasakan? Bingung, apakah, ada, galau, khawatir? Itu yang banyak terjadi ya, Mak. Saat anak ujian, apalagi ujian akhir, pasti emak pada enggak karuan perasaannya. Takut kalau anak tidak bisa mengerjakan soal ujian dan nilai tidak memuaskan. Tidak perlu galau tingkat dewa, Mak. Semakin Emak resah, anak akan ikut tidak tenang. Lalu, bag [...]

2017-05-09 11:48:14 29

Tips Mendampingi Anak Memilih Sekolah Lanjutan Atas

  Setelah lulus SMP, anak-anak akan melanjutkan kemana, Mak? Pilihan sekolah lanjutan atas yang tepat akan menjadi langkah awal untuk kesuksesan mereka. Tak jarang ada kebingungan untuk menentukan pilihan, mau lanjut ke SMA, MA atau SMK? Bukan hanya anak yang bingung, orang tua juga sering ikut bingung. Jangan bingung, Mak. Kita harus bisa mendampingi mereka menentukan pilihan kan? A [...]

2017-05-06 22:55:04 29

Menyiasati Tarif Listrik yang Kian Melonjak ala Emak Bijak

  Tagihan listrik bulanan melonjak ya, Mak? Yang biasanya cukup 300 ribuan, sekarang hampir 500 ribuan. Pemerintah memang tengah mencabut subsidi listrik secara bertahap. Di mulai pada awal tahun 2017, tarif listrik perlahan-lahan naik. Kenaikan sekitar 30% setiap tiga bulan. Subsidi dicabut bertujuan agar dana bisa dialihkan ke bidang lain yang lebih vital, seperti pengentasan kemiskinan [...]

2017-05-06 22:51:21 29

Mengulik Rapport dalam Mendapatkan Kepercayaan

Emak pasti pernah merasa akrab banget dengan seseorang padahal baru kenal, di manapun itu. Emak juga pasti pernah merasa kaku padahal sudah kenal lama dengan orang itu dimana sudah kenal sejak di taman kanak kanak. Kenapa bisa demikian? Karena manusia suka dengan yang mirip dengan dirinya. Kemiripan ini bisa dari cara berbicara, cara mengungkapkan pikiran sampai ke bahasa tubuh. Manusia m [...]

2017-05-04 19:23:22 29

Kisah tentang Negeri Paman Gober

Pernah dengar nama negeri Timbuktu? Emak yang menikmati masa kecil tahun 90-an pasti akrab dengan nama ini. Dikisahkan negeri Timbuktu adalah tempat paman gober dalam cerita donal bebek menyimpan uangnya. Disanalah paman gober yang kaya raya itu membangun gudang uangnya hingga ia bisa berenang didalamnya. Penggambaran negeri Timbuktu diceritakan seakan sangat jauh dari peradaban. Tapi ada ind [...]

2017-05-04 16:26:24 29

TIPS MENGEMBANGKAN KEAHLIAN MENYIMAK

Apakah mendengar sudah bisa dikategorikan sebagai menyimak? Tentu saja tidak. Karena menyimak merupakan  suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan. (Tarigan). [...]

2017-04-25 05:28:14 29

MENGENAL JENIS JENIS TES OBJEKTIF

Tahukah Emak, bahwa tes bentuk objektif terdiri atas berbagai macam jenisnya dan setiap jenis tes objektif  tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa sajakah jenis-jenis tes objektif itu? Berikut penjelasannya. Pilihan ganda Soal bentuk pilihan ganda pada umumnya terdiri atas satu kalimat pernyataan atau pertanyaan yang disebut stem, dan beberapa pilihan jawaban atau alternatif ja [...]

2017-04-18 15:47:46 29

Mengenal Alat Kontrasepsi Intrauterine Devices IUDs dan Patch serta Spermisida hingga Diafragma

Seorang wanita yang sudah menikah adakalanya membuat keputusan untuk menunda memiliki momongan karena berbagai alasan. Adapula Emak yang memang sengaja memberi jarak kehamilan supaya tidak terlalu berdekatan dengan anak sebelumnya. Maka menggunakan alat kontrasepsi adalah sebuah solusi yang sangat membantu Emak mewujudkan tujuannya. Apapun alasannya, terkadang sangat sulit buat Emak untuk mengambi [...]

2017-04-16 08:57:25 29

GATEBOX WAIFU VIRTUAL YANG HADIR SEBAGAI TEMAN

Gatebox Waifu Virtual yang Hadir Sebagai Teman Bicara tentang teknologi, Jepang selalu menjadi yang terdepan. Banyak teknologi modern hadir dari negeri sakura itu. Robot adalah salah satunya. Jepang bisa dikatakan pencipta robot yang produktif. Setiap waktu, ciptaannya itu semakin canggih. Belum lama ini, lahir waifu virtual, yaitu robot hologram, yang bisa melakukan banyak hal sepert [...]

2017-04-14 22:09:16 29

5 Cara Hidup Sehat di Usia Menopause

Ketika memasuki usai 45 tahun sebagian Emak kadang merasa resah. Ada kekhawatiran dan ketakutan ketika akan menghadapi masa menopause. Pada masa ini wanita akan mengalami gejala klimaterik. Menstruasi yang tidak teratur, kesulitan tidur, kulit keriput, bahkan sulit menahan air seni. Jika ini berlangsung dalam jangka panjang maka wanita akan kekurangan hormon estrogen.  Menurunnya produksi [...]

2017-04-13 03:53:04 29

Kenali Gejala Menoupase

Memasuki usia 50 tahun atau bahkan sebelum usia 50 tahun wanita tidak hanya mengalami proses penuaan, namun akan mengalami masa menopause. Masa menopause adalah sebuah kondisi normal yang dialami kaum hawa. Menopause merupakan berhentinya siklus menstruasi yang dialami wanita. Sehingga ovarium tidak berfungsi untuk melepaskan sel telur setiap bulannya.         [...]

2017-04-13 03:43:53 29

MENGENAL PENYAKIT KAWASAKI

  Apa yang terlintas di pikiran Emak ketika mendengar kata Kawasaki? Motor balap, motor roda dua asal Jepang? Semua memang benar Emak. Tapi yang akan saya bahas disini adalah suatu penyakit yang namanya KAWASAKI. Keponakan saya terkena penyakit Kawasaki ini sekitar bulan Desember tahun lalu. Tak ada yang menyangka, penyakit yang belum diketahui penyebabnya secara jelas ini, bisa menjangkit [...]

2017-04-12 00:18:08 29

TIPS MEMILIH PARFUM

  Siapa yang tak suka melihat orang yang bersih dan wangi? Sepertinya hampir semua orang menyukainya ya? Bahkan sekalipun Emak yang telah melakukan aktivitas memasak, ingin tetap terlihat bersih dan wangi kan? Parfum dan perempuan, bak dua sisi yang saling berkaitan. Perempuan selalu memiliki parfum favorit yang biasanya digunakan sebagai sentuhan akhir ritual berhias diri mereka. Parfu [...]

2017-04-12 00:06:08 29

FAKTA UNIK POLA PIKIR PRIA DAN WANITA

Emak sering ya mendengar bahwasannya  pria dan wanita itu berbeda. Bahkan sejak lahir perbedaan antara pria dan wanita itu sudah ada. Betul? Dan uniknya lagi perbedaan ini bukan hanya tentang anatomi tubuh saja, melainkan juga pola pikir, karakter, serta sisi emosional antara pria dan wanita yang jelas tidak bisa disamakan. Tapi tahukah Emak? Meskipun pria dan wanita itu banyak perbe [...]

2017-04-09 12:06:55 29

Efek Samping Multitasking

Efek Samping Multitasking   Seorang ibu rumah tangga, tanpa disarankan, mampu mengerjakan pekerjaannya dalam satu waktu. Padahal  tidak ada  tenggat waktu untuk segera selesai.  Apalagi seorang ibu rumah tangga yang juga memiliki karir di luar rumah, tugas ganda dikerjakan tanpa pernah mengeluh. Antara kodratnya sebagai seorang perempuan dan keinginan untuk mengekspresik [...]

2017-04-07 20:56:59 29

Fakta Menarik Tentang Menangis

Menangis adalah hal yang biasa terjadi pada setiap manusia. Apa sih menangis itu? Dan apakah menangis ada kegunaannya? Menangis itu adalah respon fisik akibat dari refleks ataupun dari gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang. Tetapi dalam beberapa hal, menangis adalah sinyal yang dikirimkan oleh seseorang pada orang lain untuk memberitahu bahwa seseorang itu betul-betul [...]

2017-04-07 19:52:17 29

MENGENAL MODEL PERMAINAN OUTBOUND

Istilah outbound berasal dari kata Outward Bound yang dikreasikan oleh Kurt Hahn, seorang berkebangsaan Jerman yang lahir di Berlin. Dia mengembangkan metode pendidikan yang dikemas dalam bentuk simulasi permainan baik secara individu maupun kelompok dengan tujuan tertentu. Outbound adalah kegiatan di alam terbuka yang memerlukan ketahanan sekaligus tantangan fisik yang tinngi.  Dalam perm [...]

2017-04-07 18:56:24 29

Acrophobia

Emak tahu tidak apa itu Acrophobia? Punya teman atau Emak sendiri yang mengalami ketakutan akan ketinggian? Nah, Acrophobia ini adalah perasaan takut yang ekstrem pada tempat yang tinggi. Seseorang yang memiliki phobia ini mungkin akan mengalami panik, ketakutan yang berlebihan pada saat berada diketinggian.  Mak, phobia ini biasanya disebabkan oleh: - Trauma, biasanya phobia ini m [...]

2017-04-07 13:02:44 29

Berbahayakah Kandungan Paraben Dalam Produk Kosmetik

Emak pernah dengar ngga apa itu Paraben? Mungkin pernah membacanya di komposisi bahan-bahan di suatu poduk kosmetik atau produk toiletries. Atau pernahkah emak memperhatikan iklan produk bayi yang menyatakan bahwa produk mereka “Bebas Paraben” kenapa harus bebas paraben? Yuk simak bahasan saya tentang paraben selengkapnya, dari bebrapa literatur yang saya ambil. Paraben adalah bahan [...]

2017-04-07 09:36:30 29

Fakta Mengenai Bunga Sakura

Emak pasti tahu apa itu bunga Sakura. Iya, bunga Sakura adalah bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar akhir Maret hingga akhir Juni. Bagi orang Jepang, bunga Sakura merupakan simbol penting, yang kerap kali diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, serta juga merupakan simbol untuk mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. [...]

2017-04-06 16:55:01 29

Manfaat Bermain Sepeda Roda Tiga untuk Balita

Sepeda adalah salah satu alat olahraga yang bisa mulai Emak kenalkan sejak kecil. Meski terkesan sepele, namun memberikan kesempatan berlatih dengan sepeda roda tiga menyumbang manfaat besar bagi tumbuh kembang si kecil. Tahapan mengenalkan sepeda bisa dimulai dari sepeda roda tiga. Tak perlu sepeda dengan kondisi baru, yang penting si kecil dapat berlatih dengan gembira. Apa saja manfaat berma [...]

2017-04-05 22:51:01 29

Cara Praktis Mempersiapkan Fisik Jelang Ramadhan

Enggak terasa ya, Mak. Bulan yang selalu dirindukan akan segera datang lagi. Enggak sabar nih untuk khusyuk menikmati ibadah di Ramadhan penuh berkah. Sudah melakukan persiapan apa, Mak? Selain mempersiapkan amalan terbaik, jangan lupa fisik juga harus dijaga. Agar tidak drop saat melakukan aktivitas selama puasa Ramadhan, saya mau berbagi tips mempersiapkan fisik jelang Ramadhan nih. Untuk Ema [...]

2017-04-05 22:33:38 29

5 Manfaat Olahraga Skipping untuk Wanita

Mak, kapan terakhir kali berolahraga dengan skipping? Jika Emak sudah lama tidak melakukannya, sepertinya harus mulai dirutinkan lagi deh. Yah meskipun olahraga yang satu ini membutuhkan kelincahan dan tenaga ekstra, tapi tahukah, Mak? Melakukan lompat tali dengan teratur ternyata memberi manfaat besar bagi kesehatan tubuh, lho. Ini dia lima manfaat olahraga skipping untuk wanita: Ampuh mem [...]

2017-04-05 22:16:34 29

6 Hal yang Menyebabkan Menopause Dini

Emak, sebagai perempuan normal biasanya kita akan mendapatkan haid di usia remaja bukan? Seseorang mendapatkan haid memang berbeda tiap orang, ada yang cepat ada pula yang lambat. Umumnya sekitar usia 11 hingga 13 tahun. Tetapi adakalanya seorang gadis memperoleh haid pertama diusia 8 tahun paling cepat, adapula yang hingga usia 17 tahun baru mendapat haid pertamanya. Perlu Emak ketahui bahw [...]

2017-04-01 18:06:21 29

Solusi Negosiasi TKI dan Konsorsium Asuransi

Konflik antara TKI dan Konsorsium asuransi bermuara pada kondisi yang seringkali memojokkan TKI. Terutama persoalan penyelesaian besarnya klaim asuransi. Pemerintah dan pihak Konsorsium cenderung menyalahkan TKI. Padahal, TKI sudah terbebani dengan berbagai kewajiban finansial. Beserta konsekuensi kewajiban yang diatur dalam perjanjian (polis) tertentu. Atmosfir keberadaan perjanjian (polis) in [...]

2017-03-31 21:53:49 29

TKI Sebagai Pahlawan Terlantar

Benarkah selama ini TKI dianggap sebagai pahlawan devisa?, benarkah TKI diperlakukan bak seorang pahlawan di negeri orang?. Pertanyaan ini sungguh menarik untuk dicarikan jawabannya. Mengingat, hampir semua kerugian yang dialami TKI banyak terjadi di luar negeri. Sebenarnya, masalah yang paling umum terjadi adalah terkait dengan kontrak, upah yang belum dibayarkan, kadang beberapa bulan, kadang [...]

2017-03-31 21:48:36 29

Terpaan Krisis Perlindungan Bagi TKI

Banyaknya kerugian yang diderita TKI di negara tujuan, kemungkinan berhubungan dengan masalah saat di pra penempatan. Artinya, persoalan perlindungan muncul saat mereka masih ada di wilayah negeri ini. Benarkah demikian? Awalnya, perlindungan mulai kehilangan arah jika pengawasan pemerintah terhadap agen tenaga kerja, konsorsium asuransi, dan perantara menjadi lemah. Terutama pada persoalan pen [...]

2017-03-31 21:44:53 29

Perlindungan TKI yang Hilang

Kerentanan TKI terkait persoalan eksploitasi, pelanggaran hak asasi, dan persoalan lainnya dihadapi TKI justru dimulai pada saat perekrutan. Bahkan terus berlangsung sampai saat kepulangan tiba. Seringkali, muncul sebagai akibat ketidakberdayaan mereka atas akses keadilan, ketersediaan fasilitas untuk “hidup” bahkan “bahagia”. Minimnya atas perlindungan dapat dikaitkan d [...]

2017-03-31 21:35:20 29

Achluophobia

Emak-emak pernah dengar kata Achluophobia? Atau punya teman yang sangat takut sekali akan gelap? Nah Achluophobia ini adalah ketakutan yang hebat terhadap gelap atau suasana gelap, dan ini merupakan salah satu jenis phobia. Tahu enggak Emak? Achluophobia ternyata memiliki tingkat pengidap yang cukup banyak didunia, termasuk saya. Pada umumnya orang yang mengalami phobia ini terjadi sejak kecil [...]

2017-03-31 21:28:58 29

Urgensi Jaminan Sosial TKI

Dulu, bisa saja TKI mengalami berbagai persoalan terkait kualitas skill mereka. Misal, persoalan komplain penguna jasa atas kompetensi TKI atas rendahnya pendidikan TKI, cara kerja yang tidak profesional, etika, dan penguasaan bahasa yang minim. Sementara itu, persoalan yang dihadapi TKI sekarang, telah bergeser bukan hanya pada pemenuhan kualitas kompetensi saja, namun terkait dengan diabaikannya [...]

2017-03-31 21:18:58 29

Tips Merawat Kendaraan untuk Emak Bikers

Emak suka melakukan aktivitas dengan mengendarai sepeda motor? Berkendara dengan sepeda motor tak hanya praktis namun juga biasanya membuat waktu tempuh menjadi lebih cepat. Tapi, Emak bikers juga wajib tahu nih bagaimana merawat kendaraannya agar selalu prima. Enggak mau dong saat harus buru-buru sampai ke tempat kerja, eh si motor kesayangan mogok di jalan? Yuk simak tips berikut ini! Laku [...]

2017-03-31 11:17:01 29

Trik Cerdas Menyikapi HOAX

Trik Cerdas Menyikapi Hoax Perkembangan arus informasi semakin pesat, apa yang ingin emak ketahui dengan mudah didapatkan. Bahkan, tak jarang informasi-informasi tersebut datang tanpa emakmencarinya, misalnya tahu -tahu ada kiriman teman atau kolega tentang suatu informasi. Jika itu adalah informasi yang benar dan bermanfaat tentu emak tahu bagaimana menyikapi informasi tersebut, dengan menshar [...]

2017-03-25 19:37:17 29

Waspada Bahaya Heat Stroke

Menjaga asupan cairan dalam tubuh itu penting, Mak! Apalagi jika kesibukan Emak menguras banyak energi. Jangan anggap remeh rasa haus, terlebih saat suhu di sekitar sedang sangat tinggi. Jangan sampai tubuh Emak terkena heat stroke. Apa itu heat stroke? Yuk cari tahu! Heat stroke adalah kondisi yang bisa mengancam keselamatan jiwa Emak. Jika terkena heat stroke, suhu tubuh akan terus meningkat, [...]

2017-03-24 18:11:38 29

9 MITOS PENYEBAB GAGALNYA DIET

Beberapa hal tentang diet yang beredar saat ini sesungguhnya hanyalah mitos, bukan fakta. Karenanya sangat penting untuk mengetahui mitos-mitos tersebut. Tujuannya agar Emak yang melakukan diet tidak terperangkap ke dalam mitos diet tersebut. Berikut sembilan macam mitos tentang diet. 1. Semua jenis diet cocok dijalankan. Anggapan ini salah yah Mak. Tidak semua jenis diet cocok dijalankan [...]

2017-03-24 04:19:55 29

Persiapan Penting Sebelum Memutuskan Operasi LASIK

Gangguan pada mata, seperti rabun jauh, membuat Emak harus menggunakan kaca mata. Terkadang hal ini membuat penampilam dan beberapa kegiatan Emak menjadi tidak maksimal. Penggunaan lensa kontak tak selalu menyenangkan. Sebab jika tidak bersih dan teliti, risiko iritasi mata bisa Emak alami. LASIK atau Laser Assisted In Situ Keratomileusis merupakan tindakan bedah mata yang secara permanen mengu [...]

2017-03-22 04:32:23 29

Manusia Tipe Attention Seeker

Manusia tipe attention seeker adalah manusia yang selalu ingin dan haus akan perhatian dari orang lain. Di manapun dan kapanpun ia akan terus menerus mencari perhatian dari orang lain. Ia akan merasa kurang jika dalam sebuah kelompok atau sebuah acara tidak mendapatkan perhatian seperti yang diinginkannya. Perhatian seperti candu yang membuatnya ketagihan. Sebenarnya, mencari perhatian merupaka [...]

2017-03-21 11:45:02 29

Fakta Unik Perangko

Sebelum era digital, kegiatan surat-menyurat masih dilakukan dengan kertas yang ditaruh di dalam amplop dan ditempel perangko. Kangen ya, Mak dengan masa berdebar menunggu Pak Pos membawa berita? Setelah suratnya dibaca, perangkonya pun dicopot dan disimpan dalam album. Hayo, siapa yang begitu?  Meski kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos tergantikan oleh surat elektronik, namun ternyat [...]

2017-03-21 04:55:44 29

Tips Menyusun Soal yang Berkualitas

Pernahkah Emak mendengarkan percakapan berikut. “Aduh, soal ini kok tidak ada jawabannya.” “Huu, soal ini tidak jelas, gambarnya kabur.” Bagi guru keluhan tersebut merupakan penilaian tersendiri atas ketidak mampuannya menulis soal yang baik dan benar. Menyusun soal dalam rangka mengukur ketercapaian hasil belajar merupakan rangkaian dari penilaian. Hati-hati dalam [...]

2017-03-17 03:55:07 29

Yakon Si Tanaman Insulin

Hormon insulin dan penyakit diabetes memiliki kaitan yang erat. Hormon yang dihasilkan pankreas ini memiliki peran penting menyalurkan gula melalui darah menuju otot dan mengubahnya menjadi energi. Jika gula darah tinggi, maka tubuh membutuhkan lebih banyak insulin. Penderita diabetes mengalami gangguan metabolisme, sehingga tubuhnya tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhannya. Gula dal [...]

2017-03-09 19:42:22 29

4 Pilar NLP Dalam Komunikasi Persuasif

Sudah pernah dengar dan tahu tentang NLP Mak? NLP adalah singkatan dari neuro linguistic programming. Yaitu sebuah ilmu komunikasi dan pengembangan diri yang dilengkapi dengan berbagai tehnik terapi. Ilmu ini sangat cocok untuk meningkatkan kepercayaan diri Emak, meningkatkan komunikasi persuasif serta bisa mengatasi berbagai masalah emotional yang Emak alami dan orang-orang di sekitar. Sal [...]

2017-03-08 17:04:36 29

Cara Pintar Memilih Sunblock ala Emakpintar

Saat melakukan aktivitas di luar ruangan, Emak harus mewaspadai paparan sinar UV A dan UV B. Sinar UV A dapat menembus kedalam jaringan kulit dan merusak sistem, sehingga dapat menyebabkan kerutan dan bintik hitam pada kulit. UV B bersifat membakar, sehingga dapat menyebabkan sunburn. Kulit yang terlalu sering terkena paparan sinar UV beresiko lebih tinggi terkena kanker kulit. Perlu Emak ketah [...]

2017-03-07 01:20:19 29

Sekilas tentang AA BB CC DD dan EE Cream

Teknologi dalam bidang kecantikan tak berhenti berinovasi. Produsen kosmetik berlomba menghadirkan cream mutakhir untuk membuat wanita tampil cantik tanpa celah. AA, BB, CC, DD, dan EE adalah krim mutakhir yang telah banyak digunakan wanita. Apa sih perbedaan krim tersebut? Bingung, Mak? Supaya Emak tidak salah memilih krim sesuai kebutuhan, yuk baca dulu sekilas tentang AA, BB, CC, DD, dan EE cre [...]

2017-03-07 01:13:57 29

Manfaat Hebat Meminum Air Putih

Air putih tidak hanya bermanfaat melegakan dahaga dan mencegah dehidrasi. Air dengan ciri-ciri jernih dan tidak berbau adalah yang aman untuk dikonsumsi tubuh. Meski kini semakin banyak minuman yang menggoda untuk dinikmati saat cuaca panas, namun pastikan kebutuhan cairan tubuh Emak terpenuhi dengan yang menyehatkan yaitu air putih. Air yang bebas kalori dan gula sebaiknya dikonsumsi sesuai ke [...]

2017-03-07 00:57:36 29

Fakta Stretch Mark yang Harus Emak Tahu

Stretch mark merupakan kondisi peregangan kulit yang umumnya terjadi pada 90% wanita pasca melahirkan. Stretch mark bisa terjadi akibat peningkatan atau penurunan berat badan yang fluktuatif, sehingga lapisan dermis dan kolagen dalam kulit akan berubah.  Stretch mark berbeda dengan selulit. Stretch mark memiliki ciri berupa garis tipis dengan panjang bervariasi, berwarna coklat kemerahan [...]

2017-03-07 00:23:27 29

Menolak Termakan Hoax

Halo, Mak! Pasti Emak sudah tidak asing dengan istilah hoax bukan? Ya, di zaman ini di mana penggunaan internet berkembang pesat dan sistem informasi hampir tak terbendung lagi. Banyak pihak-pihak tidak bertanggung jawab memanfaatkan internet untuk menyebarkan berita bohong atau biasa disebut hoax. Berita-berita dengan judul kontroversial, bergambar fantastis namun mengandung informasi yang men [...]

2017-02-28 05:14:07 29

Inilah Informasi Seputar Cuaca Panas di Arab Saudi

Beberapa hari terakhir dan untuk beberapa hari ke depan, Indonesia disibukkan dengan rencana kedatangan raja Arab Saudi. Bicara tentang Arab Saudi, tentunya masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan negara kaya minyak itu.  Sebagai negara dengan penduduk yang memeluk Islam terbesar di dunia, Indonesia mengirim rombongan haji dan umroh yang tak sedikit setiap tahunnya. Saking banyakn [...]

2017-02-27 14:06:25 29

Pohon Kelor yang Mendunia

Tahu nggak sih, di Eropa dan Amerika itu lagi  "happening" banget loh. Alias lagi ngetop sekali yang disebut dengan Miracle Tree, dengan nama ilmiah pohon ini Mohinga Oelivera. Karena menurut mereka khasiatnya itu tidak ada yang menandingi. Penasaran kan? Apa sih Miracle Tree  itu? Konsumsi yuk, tapi sudah tahu belum, di Indonesia itu namanya apa ya? Biar mudah Emak membelinya. [...]

2017-02-26 00:28:01 29

Diet Sehat Ala Rosulullah

Siapa yang tidak ingin tampil segar dan menarik di depan semua suami? Banyak loh diantara wanita yang beranggapan bahwa tampil menarik sama dengan langsing. Kalau sudah beranggapan begitu, biasanya Emak, merasa kurang langsing dan akan merasa kehilangan kepercayaan diri. Tidak sedikit Emak tergiur menggunakan cara untuk melangsingkan tubuh. Mulai dari cara tradisional sampai cara modern, dari y [...]

2017-02-26 00:08:45 29

Koyo Kaki dan Khasiatnya

Pernah lihat seseorang memakai koyo kaki? Tentu Emak bertanya-tanya kana apa sih kegunaannya, mengapa harus digunakan di kaki? Penggunaan teknologi baru dengan menggunakan patch (koyo tempel) dinilai dapat lebih membantu mengoptimalkan manfaat pengobatan terhadap penyakit persendian, maupun penyakit nyeri lainnya dibanding dengan penggunaan pengobatan oral. Secara tradisional awalnya koyo mengg [...]

2017-02-26 00:00:36 29

Makan Pisang di Malam Hari dan Manfaatnya

Siapa yang tidak mengenal buah pisang, dan suka makan pisang baik mentah atau matang? Pasti Emak semua suka juga kan? Pisang adalah makanan alternatif yang relatif murah dan lezat sebagai bagian dari kesehatan. Asyik kan? Mengonsumsi pisang itu tidak hanya membuat Emak mudah kenyang, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Apa lagi jika makan pisang di malam hari. Beberapa orang justru menghind [...]

2017-02-25 23:45:55 29

Plak di Pembuluh Darah dan Cara Mengatasinya

Saat ini, penyakit yang membunuh manusia no 1 di dunia adalah jantung. Itu terjadi karena terganggunya kerja jantung. Dokter Ahli Jantung dan Pembuluh Darah, Raja Adil Cakranegara Siregar mengatakan, seharusnya kerja jantung tidak boleh terhambat oleh apapun. Sebab, kerja jantung sangat penting, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh dan mengedarkan makanan untuk tubuh beserta oksigen agar organ lai [...]

2017-02-25 23:35:43 29

Manfaat Minum Air Kelapa Selama 7 Hari

Minum air kelapa siang-siang saat terik, pasti segarnya luar biasa. Semua pasti setuju ya, minum air kelapa segar langsung dari buahnya, nikmat? Peminat buah kelapa yang cukup banyak menyebabkan buah kelapa menpunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi loh. Hal ini menyebabkan buah kelapa banyak dijual di pasaran, serta  mudah ditemukan di mana saja. Peminat buah kelapa semakin tinggi karena [...]

2017-02-25 23:25:48 29

Saat Gula Berkolaborasi dengan Karbohidrat

Mengapa ya ada orang yang sakit kolesterol? Dan mengapa penyakit itu akan kambuh saat makan makanan yang mengandung banyak kolesterol? Buat Emak yang merasa kolesterolnya tinggi pasti serba salah makannya. Tapi apa hubungannya ya sama karbohidrat? Simak yuk, ternyata saat gula berkolaborasi dengan karbohidrat di situ lah kolesterol berjaya. Karbohidrat adalah sumber energi tubuh yang utama. Kar [...]

2017-02-25 23:06:42 29

Dzikir Pagi dan Petang

Sudahkah membaca zikir pagi dan petang setiap hari? Alloh jalla wa a’la telah berfirman “Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.” “Sesungguhnya lelaki dan perempuan muslim, lelaki dan perempuan mukmin, lelaki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, le [...]

2017-02-18 14:05:48 29

Whatsapp dan Fitur Audio Visual Barunya

Whatsapp memang sudah memiliki banyak pelanggan sejak tahun pertama diluncurkannya. Kecepatan pengiriman pesan dan lebih privatnya percakapan masih menjadi andalan whatsapp. Bahkan fokus utama pembuatan whatsapp itu mulai banyak ditiru aplikasi lain yang tampak membuat berbagai enkripsi pelindung. Di sisi lain, whatsapp juga tergolong ketinggalan zaman karena di saat aplikasi chat lain sudah memas [...]

2017-02-17 00:44:26 29

Hubungan Wudhu dan Getah Bening

Emak, tahukah hubungan wudhu dan getah bening? Bila berwudhu dilakukan dengan baik serta benar, ternyata sangatlah berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Ulama fikih juga menjelaskan hikmah wudhu juga sebagai sisi dari usaha untuk memelihara kebersihan fisik serta rohani. Daerah yang dibilas dalam air wudhu­seperti tangan, daerah muka, mulut, serta kaki, memanglah paling banyak bersentuhan den [...]

2017-02-17 00:09:12 29

Wanita Menopause dan Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner (PJK) ternyata menjadi penyebab kematian nomor satu bagi wanita. Berdasarkan penelitian, 1 di antara 9 wanita berusia 45-60 tahun yang menderita PJK akan mengalami kematian akibat serangan jantung atau stroke. Angka kematian tersebut jauh melebihi angka kematian pada penyakit kanker payudara, yang memiliki perbandingan 1 berbanding 25. Serangan jantung merupakan sebuah [...]

2017-02-10 10:09:52 29

Mempersiapkan Persalinan Normal Pasca Caesar

Persalinan normal setelah mengalami c-seksio? Kenapa tidak? Tidak benar jika seorang wanita yang telah melahirkan secara caesar maka persalinan selanjutnya akan kembali menghadapi meja operasi. VBAC atau Vaginal Birth After Cesarian merupakan langkah yang cukup aman bagi wanita yang memiliki riwayat melahirkan caesar untuk bersalin secara normal. Yuk, Mak persiapkan hal berikut ini sebelum mela [...]

2017-02-08 22:38:00 29

Inilah 5 Kebiasaan Unik Orang Indonesia

Baca-baca beberapa artikel tentang orang Indonesia ada yang bikin geli. Ternyata orang Indonesia itu punya beberapa kebiasaan unik loh, yang mungkin hanya ada di Indonesia saja. Apa saja sih kebiasaan unik orang-orang Indonesia itu? Saya tulis 5 saja ya Mak. Sebenarnya banyak kalau dirinci lagi. Tapi, 5 saja sudah cukup bikin Emak meng'iya'kan fakta ini. Apa saja sih? 1. Belum merasa ma [...]

2017-02-08 14:54:00 29

Awas Bakteri Leptospirosis Menyerang di Musim Hujan

Saat ini hampir di seluruh wilayah diguyur hujan. Bahkan di daerah tertentu disertai angin. Kondisi  seperti ini membutuhkan ketahanan tubuh yang kuat. Karena cuaca dingin bisa menyebabkan seseorang terkena demam ataupun flu. Tidak hanya itu, pada musim hujan bakteri leptospirosis pun mulai menyebar dan menyerang di negara tropis salah satunya Indonesia. Emak pernah mendengar bakteri lepto [...]

2017-02-05 06:12:49 29

6 Tips Membuat Wajah Mulus Tanpa Komedo dengan Bahan Alami

6 Tips Membuat Wajah Mulus Tanpa Komedo dengan Bahan Alami   Wajah cantik mulus tanpa komedo adalah impian semua wanita. Apa jadinya saat ada acara penting tiba-tiba ada komedo dihidung? Sudah tampil habis-habisan malah rusak karena ada komedo. Mengapa komedo manjadi momok yang cukup merisaukan untuk wanita? Komedo adalah kelebihan minyak di wajah yang timbul karena gaya hidup yan [...]

2017-02-03 22:42:57 29

Cara Menghilangkan Komedo dengan Garam

Niatnya tampil cantik dan terlihat sempurna, namun apa daya ternyata ada komedo di hidung. Komedo yang dibiarkan saja akan terus menumpuk dan bisa menjadi blackhead (komedo hitam). Blackhead termasuk komedo yang bandel tapi ada cara ampuh dengan menggunakan garam. Bagaimana menghilangkan komedo dengan menggunakan garam? Mari simak caranya. Garam memiliki kandungan pottasium dan belerang yang [...]

2017-02-03 21:19:54 29

Pentingnya Berkomunitas Di Dunia Maya

Kecanggihan teknologi menjanjikan beragam impian dan harapan para penggunanya. Memang tidak semua hal dapat memberikan dampak positif bagi hidup. Namun yang bisa mengendalikan dan menyeimbangkan dampak tersebut adalah pribadi pengguna teknologi itu. Dunia maya menjadi salah satu gerbang untuk belajar bersosialisasi. Siapa sangka saat di akun media sosial terlihat cerewet dan sangat respek terha [...]

2017-02-03 12:20:54 29

Pertolongan Pertama pada Luka Bakar

Emak-Emak tidak mau kan kalau kulitnya menjadi tidak mulus lagi akibat luka bakar? Tetapi Emak tidak bisa menghindari hal-hal yang panas, apalagi ketika memasak di dapur. Kadang-kadang ketika melakukan aktivitas sehari-hari tanpa disengaja Emak mengalami kecelakaan. Kecelakaan yang paling sering dialami biasanya yang mengakibatkan luka bakar. Seperti terkena cipratan minyak panas ketika menggor [...]

2017-02-02 13:32:45 29

Kanker Serviks dan Pencegahannya

Akhir-akhir ini kanker serviks menjadi sorotan. Mengapa? Kanker serviks menarik perhatian karena jumlah kasus baru dan jumlah kematian akibat kanker ini semakin meningkat. Menurut informasi dari website milik Kementerian Kesehatan, kanker serviks adalah penyakit kanker dengan prevalensi tertinggi di Indonesia pada tahun 2013 yaitu sebesar 0,8 permil. Dari 10.000 penduduk diperkirakan sebanyak 8 or [...]

2017-02-02 10:36:05 29

3 Kebiasaan yang Harus Dihindari Ketika Makan Siang

Setiap manusia membutuhkan asupan gizi dan energi yang cukup untuk menjalankan semua aktivitasnya. Jika asupan tersebut tidak terpenuhi maka berdampak buruk pada tubuh. Tubuh akan kekurangan nutrisi dan mengalami dehidarasi. Sarapan sebaiknya dilakukan sebelum melakukan aktivitas harian. Sarapan sehat akan memberikan energi bagi tubuh. Namun, aktivitas yang padat membuat energi berkurang sehing [...]

2017-02-01 05:20:40 29

Rahasia di Balik Olahraga Renang

Renang merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah. Istimewanya, olahraga ini disebut dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, memanah, dan berenang.”  Pasti Emak bertanya-tanya mengapa olahraga air ini dianjurkan untuk dikuasai. Ternyata, olahra [...]

2017-02-01 02:11:30 29

Diskon Jangan Menguras Kantong

Apa yang ada dibenak Emak ketika mendengar diskon? Sudah pasti ingin segera cepat untuk shopping. Takut batas waktu diskonnya habis atau produk banyak diserbu para pembeli. Siapa yang tak tergiur dengan potongan harga yang ditawarkan salah satu swalayan. Dengan alasan untuk berhemat Emak tidak akan berpikir panjang untuk berburu diskon. Diskon tidak harus selalu diburu seperti barang la [...]

2017-01-14 12:15:39 29

5 Tips Cerdas Atasi Gaya Hidup Konsumtif

Setiap orang pasti berharap pendapatannya bisa meningkat mungkin termasuk saya juga pembaca artikel ini. Ketika ALLAH mewujudkan harapan tersebut penghasilan bertambah atau gaji naik. Tetapi masih saja berkeluh kesah karena ada beberapa pos yang belum tertutupi. Apakah pernah mengalami hal tersebut? Jika pendapatan sudah meningkat seharusnya semua pos bisa kita tutupi bahkan mungkin ada kelebih [...]

2017-01-07 07:12:36 29

Menjadi Vegetarian Ala Orang Jawa

Menjadi vegetarian itu apa enak sih? Hanya makan sayur dan buah apa bisa merasa kenyang? Itu pertanyaan yang sering terlontarkan untuk orang awam yang belum mengenal banyak tentang vegetarian. Vegetarian adalah istilah yang tidak asing dipendengaran namun untuk melakukannya ataupun melihat orang hanya makan buah dan sayur merupakan hal WOW yang dirasakan. Karena buah dan sayur memiliki kandunga [...]

2017-01-05 11:32:55 29

7 Manfaat Ampas Teh Celup

  Teh adalah salah satu minuman yang sering dikonsumsi hampir setiap orang. Minuman yang bisa dinikmati setiap saat. Teh merupakan minuman yang sudah dikenal sejak jaman dahulu. Namun, zaman sekarang teh sudah dikemas dalam bentuk kantung kecil sehingga lebih praktis dalam penyajiannya yang dikenal dengan teh celup Cara penyajian teh sangatlah mudah cukup diseduh dengan air pana [...]

2017-01-04 05:08:08 29

Tetap Cantik di Usia Matang

Kecantikan bagi Emak itu sama dengan harga diri, sangat berarti dan berharga. Dengan berjalannya usia, sering kali membuat resah para kaum Emak. Mereka terlalu takut kecantikannya menjadi pudar termakan usia. Bayangan kulit wajah kendor, keriput, banyak flek karena pengaruh hormon, perubahan warna kulit dan lain sebagainya. Karena ketakutan mereka ini sehingga tak sedikit Emak yang rela menghab [...]

2016-12-17 19:03:24 29

Menghadapi Tantangan Kala Menulis

Kata siapa menulis gitu doang? Menulis sekilas memang terlihat mudah, namun sebenarnya banyak kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan agar tulisan kita menjadi menarik dan tidak membosankan. Nah sejauh ini yang penulis alami, tidak sedikit tantangan yang dihadapi namun tidak perlu khawatir semua sudah ada solusinya kok. Simak yuk bagaimana penulis menghadapi tantangan-tantangan yang ada 1. & [...]

2016-12-09 12:21:36 29

5 Tips Agar Tidak Kecewa Ketika Belanja Online

Kemajuan tekhnologi dan informasi saat ini membuat para pebisnis lebih kreatif. Jika beberapa tahun lalu kita hanya mengenal pasar konvensional dimana pembeli dan penjual bertemu untuk bertransaksi. Namun, kecanggihan smartphone yang didukung oleh jaringan internet mampu menciptakan pasar online atau yang dikenal dengan online shop. Bagi Emak yang sering berselancar di dunia maya sudah tidak as [...]

2016-12-01 22:58:08 29

7 Langkah Untuk Memulai Hidup Sehat

Apa yang Emak rasakan ketika sakit? Badan terasa lemas. kepala pusing, demam hingga berkurangnya nafsu makan. Makanan seenak apapun tetap akan terasa pahit jika Emak sakit. Ketika sakit, Emak akan merasakan betapa nikmatnya sehat. Bukan hanya badan yang sakit namun Emak tidak bisa melakukan aktivitas karena membutuhkan istirahat yang cukup. Hanya kesabaran dan ketenangan juga ikhtiar yang bi [...]

2016-11-29 03:18:09 29

5 Tips Cerdas Berbelanja Online

Bagi Emak-Emak yang melek tekhnologi dan infromasi,  mungkin sudah tidak asing lagi istilah online shop. Apalagi bagi mereka yang hobi shopping. Kecanggihan tekhnologi telah mempermudah segalanya termasuk kegiatan berbelanja. Tak perlu capek menunggu antrian, tak usah ribet menawar barang yang akan dibeli. Hanya dengan jaringan internet dan smartphone ataupun laptop Emak sudah bisa berbela [...]

2016-11-23 04:16:23 29

Lansia Juga Ingin Bahagia

Merawat orang tua tidak semudah yang dibayangkan. Ada hal-hal yang perlu Emak ketahui seputar perawatan orang tua. Apa sajakah itu?   Mak, pernah dengar cerita Jepang Ubasuteyama? Yup, tradisi membuang orang tua yang sudah dianggap tak berguna ke pedalaman hutan atau gunung dan dibiarkan meninggal dengan sendirinya. Tragis? Tentu saja.. Terlepas dari benar atau tidaknya cerita itu, seba [...]

2016-11-15 17:34:17 29

Sudahkah Pembalut Wanita Kita Aman

Beberapa waktu yang lalu, marak berita tentang ditemukannya beberapa pembalut wanita yang banyak dijual dipasaran pasaran membuat kaum hawa khawatir dan baper. Mengapa? Ditemukan pembalut wanita dengan beberapa merk terkenal ternyata mengandung zat klorin yang berbahaya. Kandungan zat klorin yang merupakan zat berbahaya dinilai peneliti telah melewati ambang batas dan bisa menimbulkan masalah k [...]

2016-11-14 21:27:47 29

Tips Menjaga Hubungan dengan Suami Pencemburu

            Cemburu disebabkan adanya rasa cinta, takut kehilangan, dan takut berbagi pasangan. Pasangan yang saling mencintai sering kali menghadapi rasa cemburu yang berlebih. Rasa cemburu yang berlebih kadang kala dapat mengancam hancurnya sebuah hubungan. Hal tersebut dapat terjadi karena merasa tidak adanya saling mempercayai diantara ked [...]

2016-11-14 20:55:04 29

Awas Aku Bisa Lebih Cantik

Sebagai seorang wanita sangat wajar jika kita mempunyai me time untuk memanjakan dan merawat diri. Tentu saja hal itu kita lakukan agar terlihat cantik bukan?. Namun tentu saja kecantikan kita akan pudar apabila kucing kesayangan kita terlihat kusam dan dekil. Ketika di waktu luang kita membawa kucing berjalan – jalan di sekitar komplek pastinya pandangan selain tertuju kepada kita juga tert [...]

2016-11-14 17:30:35 29

5 Ancaman Bagi Pengguna Setia Headset

Bisa mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja tanpa mengaganggu orang lain, dengan menggunakan headset. Sebuah alat kecil yang dipasang di telinga sehingga hanya bisa didengar oleh sendiri dan tidak menimbulkan suara bising di sekitar. Atau Emak bisa  menelpon tanpa harus memegang telpon karena bisa menggunakan earphone. Sungguh kemajuan tekhnolpgi telah mempermudah manusia. Namun, t [...]

2016-11-14 00:56:02 29

Antara Selfie dan Masalah Psikologi

Apa yang terlihat ketika Emak membuka media sosial seperti facebook ataupun instagram? Selain beragam produk yang dipasarkan oleh pebisnis online. Banyak pula beragam foto selfie yang ditampilkan menghiasi wall media sosial.       Saat ini berfoto selfie sudah menjadi kebiasaan dari mulai anak-anak hingga dewasa. Didukung dengan smartphone canggih mereka semakin [...]

2016-11-10 04:43:41 29

Kupilih Menjadi Ibu

Pernah suatu ketika saya sedang berjalan-jalan di sebuah pasar tradisional. Sinar matahari pagi menyapu lembut wajah seorang ibu penjual pisang yang sedang menggelar dagangannya.  Kulihat ia juga sedang menggendong putrinya yang masih balita. Pikirku, anak ini pastilah merasa lebih hangat dalam dekapan ibunya. Lebih hangat walaupun berada ditengah pasar tradisional di pagi yang masih dingin. [...]

2016-11-08 20:25:17 29

Bangga Menjadi Ibu Ketika

Bangga menjadi Ibu, ketika aku mengetahui ada seseorang dalam tubuhku. Seorang makhluk kecil dan munggil.   Bangga menjadi Ibu, ketika makhluk kecilku telah lahir ke dunia ini. Menangis kemudian tertawa dan menangis lagi karena kelaparan atau celananya basah karena pipis.   Bangga menjadi Ibu, ketika makhluk kecilku menjadi anak-anak yang tumbuh besar dan sehat. Memiliki bany [...]

2016-11-08 20:18:58 29

Manfaat Susu Kambing Etawa

Emak, pernah minum susu kambing? Terutama susu kambing Etawa yang sedang popular kini? Susu kambing etawa dipercaya memiliki berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan. Hal itu didasarkan pada penelitian yang mengatakan bahwa susu kambing etawa memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang cukup lengkap. Diantaranya, fosfor, kalsium, sodium dan flourin. Oleh karena itulah, susu kambing etawa diklaim [...]

2016-11-08 20:13:10 29

Manfaat Madu Hutan

Emak, madu merupakan salah satu bahan alam yang dihasilkan dari lebah dan bunga. Madu yang dihasilkan dari lebah dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sudah sejak lama madu disebut sebagai obat untuk segala macam penyakit. Madu hutan dihasilkan dari madu liar yang mendapatkan makanan alami yang berasal dari alam, dan menghasilkan masu asli yang memiliki banyak manfaat. Madu yang di [...]

2016-11-08 20:07:55 29

Konseling Versus Psikoterapi

Emak, tahukah perbedaan antara antara konseling dan psikoterapi? Konseling adalah upaya membantu individu melalui proses interaksi yang bersifat pribadi antara konselor dan konseli agar konseli mampu memahami diri dan lingkungannya, mampu membuat keputusan dan menentukan tujuan berdasarkan nilai yang diyakininya sehingga konseli merasa bahagia dan efektif perilakunya (Schertzer dan Stone, 1980) [...]

2016-11-08 19:45:10 29

Manfaat Okra bagi Kesehatan

Emak sayur okra sedang digemari ibu-ibu. Tumbuhan yang juga biasa disebut lady's finger ini laris manis di supermarket. Selain memakannya mentah dan memasaknya, ibu-ibu ini kerap meminum air lendir okra. Okra, yang berasal dari benua Afrika, dibudidayakan di daerah beriklim tropis dan hangat. Terlihat mirip dengan oyong, okra juga berwarna hijau, bertekstur lebih keras dan bila dimasak akan [...]

2016-11-06 22:52:38 29

Manfaat Akar Zaitun

Emak, Zaitun adalah dari sekian banyak karunia Allah, berupa tanaman dengan begitu banyak manfaatnya. Pohonnya kecil dan memiliki nama latin Olea Europaea ini, memiliki akar yang sangat kuat dan bisa hidup jutaan tahun lamanya. Tanaman zaitu tidak hanya buahnya saja yang diperas menghasilkan minyak zaitun, tetapi bagian-bagian lainnya. Seperti: daun, batang serta akarnya. Kini banyak yang mengo [...]

2016-11-06 22:49:35 29

Hukum Rokok dalam Islam

Emak, kaum muslimin mulai mengenal rokok pada akhir abad ke-10 Hijriyah, yang dibawa oleh para pedagang Spanyol. Rokok mengandung ribuan racun yang secara kedokteran telah terbukti merusak dan membahayakan kesehatan. Bahkan membunuh penggunanya secara perlahan, padahal Allah telah berfirman, “Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. A [...]

2016-11-06 22:47:16 29

Jalan Kaki Sembuhkan Penyakit

Penyakit yang terjadi pada masa kini cukup beragam.. Penyakit yang dulu hanya diderita oleh orang tua saja, saat ini terjadi pada yang masih muda. Hal ini karena berkembangnya teknologi, kurang olahraga dan tidak terjaganya pola makan. Segala aktivitas dilakukan dengan sekali sentuh tanpa harus bersusah payah. Kurang sekali bergerak, sehingga peredaran darah kurang berjalan lancar. Tetapi Emak [...]

2016-11-06 22:43:52 29

Tips Mengempiskan Perut Buncit

Emak, Sungguh luar biasa ciptaan Allah, semua apa yang diciptakanNya pasti ada manfaatnya bagi semua mahluk hidup. Buah lemon diciptakan Allah dengan struktur batang yang kecil, daunnya kecil, tapi dibalik itu tersimpat manfaat yang dahsyat. Perut Buncit, siapa yang mau? pasti jawabnya tidak ada yang mau, khususnya kaum hawa. Selain tidak elok dipandang dan sangat menggangu penampilan, perut bu [...]

2016-11-06 22:37:33 29

5 Alasan dan Cara Menolak Tawaran Pekerjaan Dengan Santun

   Ngeri-ngeri sedap sebenernya bahas tentang beginian. Gimana gak?! Mungkin banyak sebagian orang yang mencibir, rezeki kok ditolak atau udah kebanyakan duit nih kayanya atau mungkin malah ada yang bilang dasar pemalas! Ya sudahlah biarkan yang lain berasumsi dan menikmati fikirannya masing-masing, toh kita sendiri yang mengerti bagaimana kondisi kita. Setuju mak??    Situa [...]

2016-11-03 23:07:37 29

Merawat AnakAnak Batin Titipan Dia

Masa lalu masih kerap membayangiku. Pernikahan yang hanya seumur jagung beberapa tahun lalu tak bisa disesali lagi. Hanya saja, di usiaku yang akan memasuki kepala empat ini bayangan masa lalu adalah ujian tersendiri. Ada masa ketika aku takut bertemu realitas. Foto-foto keluarga yang tersebar di sosial media mudah membuatku sedih. Keluarga kecil yang tengah berlibur di tempat wisata gampang membu [...]

2016-11-01 20:12:55 29

Larangan Menyiksa Hewan

Emak, islam melarang perbuatan zhalim. Dan kezhaliman itu bisa terjadi tidak hanya kepada manusia, namun juga kepada hewan seperti menyiksa hewan. Dan ini pun terlarang dalam Islam. Banyak hadits yang membahas hal ini, diantaranya hadits berikut ini. Haitsam bin Kharijah telah menuturkan kepadaku, ia berkata, Abu Rabi’ Sulaiman bin ‘Utbah As Sulami mengabarkan kepadaku, dari Yunus b [...]

2016-10-30 13:39:44 29

Cara Mengenali Berita Sampah HOAX

Emak, seiring dengan meningkatnya teknologi IT, semakin mudah semua orang mendapatkan berita dimanapun dan kapanpun. Dengan adanya media sosial untuk berkomunikasi baik secara pribadi maupun grup, menjadikan rentan untuk menerima berita hoax (berita sampah dari manapun) Berita bertebaran dimana-mana. Banyak di antaranya berita bohong, fitnah, pemutar balikan fakta. Pastikan Emak bukan bagian da [...]

2016-10-30 12:52:36 29

Makna Barokah

Emak, sering kita mendengar kata barokah. Barokah adalah kata yang diinginkan oleh hampir semua hamba yang beriman, karenanya orang akan mendapat limpahan kebaikan dalam hidup.  Barokah adalah salah satu kata selain salam dan rahmat yang terkandung dalam salam islam  “Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.” Semoga keselamatan, rahmat Allah, dan keberkahan sel [...]

2016-10-28 06:15:27 29

Bromolin Nanas dan Manfaatnya

Siapa yang tidak pernah makan nanas? Rasanya hampir semua Emak dan saya sendiri pernah makan. Bahkan saya sangat menyukai nanas. Buah tropis yang rasanya sangat lezat, dan juga memiliki banyak manfaat nutrisi untuk kesehatan tubuh.  Buah ini terasa sedikit asam namun tetap enak untuk dikonsumsi, dan akan terasa lebih nikmat ketika dibuat dalam bentuk jus. Emak, kalau makan nanas bagian ten [...]

2016-10-28 06:11:07 29

Bahaya Sindrom Brugada Mengintai Usia Muda

Emak, Sindrom Brugada adalah ketidaknormalan system listrik jantung yang mengakibatkan gangguan irama jantung yang membahayakan jiwa (aritmia), atau penyakit genetik yang ditandai dengan peningkatan risiko kematian mendadak.   Sindrom ini dinamakan oleh kardiolog Pedro dan Joseph Brugada dari Spanyol pada 1992. Mereka mendiagnosa dengan ketidaknormalan spesifik pada elektrokardiogram (EKG) [...]

2016-10-28 05:47:10 29

Cara Menghindari Otak Mengecil Atrofi Cerebri

Hai Emak, ketika usia bertambah, volume otak biasanya akan menciut. Penciutan otak bisa menandakan penyakit yang berkaitan dengan kesehatan mental, atau penyakit otak seperti Alzheimer dan lainnya. Proses penuaan juga bisa membuat volume otak mengecil, karena sebagian selnya akan mati atau mulai mengalami kerusakan. Otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar syaraf yang masing-masing terkait de [...]

2016-10-28 05:34:24 29

Awas Osteoporosis Dapat Menyerang Anak

Emak pernah mendengar osteoporosis? Salah satu penyakit yang mengancam setiap orang khusunya perempuan. Penyakit pengeroposan tulang karena kekurangan zat besi dan kalisum ini menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa pada tulang sehingga tulang terasa patah. Osteoporosis biasanya menyerang wanita usia 18 tahun hingga 30 tahun. Namun, penyakit yang sangat ditakuti perempuan ini ternyata bisa [...]

2016-10-28 04:22:01 29

5 Tips Berhenti Merokok

Bagaimana perasaan Emak ketika naik angkutan umum salah satu penumpangnya asyik merokok. Serasa di mobil pribadi tak menghiraukan penumpang lain. Bahkan salah satu diantara penumpangnya adalah bayi atau balita. Itu sama saja seperti membunuh mereka secara perlahan karena asap rokok.             Ternyata tidak hanya di angkot atau tempat umu [...]

2016-10-26 04:40:10 29

Singkong Sebagai Obat Kanker

Emak, sembuh dari kanker kandung kemih stadium 2 dengan singkong, adalah hal yang membahagiakan. Pengalaman Dr. Cynthia Jayasuriya, sesudah 7 tahun mengalami kanker di urethra, ginjal, urethra dan sebagian dari kandung kemih yang sudah diangkat, membagikan kepada siapapun termasuk saya juga. Singkong Ternyata  mengandung vit B17 yang dibutuhkan untuk mengobati kanker. Nama ilmiah vit B17 A [...]

2016-10-19 21:09:02 29

Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Teh hitam disarikan dari teh yang Bernama camellia sinensis varietes Assamica. Dengan Kandungan Polifenol yang sangat tinggi, dan pembuatannya menggunakan sistem Enzimatis dan Higienis. Guru Besar Study Pangan dan Gizi dari Universitas Institut Pertanian Bogor (IPB) Yaitu Prof Dr. Ali Khomsan MS bersama dengan dr. Mohammad Taufik Spj (Ahli Spesialis jantung) mengatakan khasiat teh hitam sangat [...]

2016-10-19 20:56:18 29

Kubis Menyembuhkan Diabetes

Kubis (Brassica oleracea) adalah sayuran termasuk Brassica atau bahkan keluarga cruciferous, yang juga terdiri dari brokoli, kale, kembang kol serta kubis Brussel. Orang Yunani kuno meresepkan kubis atau jus kubis untuk mengobati sembelit atau jamur keracunan. Zaman Mesir kuno, kubis yang dikonsumsi sebelum makan menurunkan efek memabukkan anggur. Inggris bahkan membawa kubis ke parit Perang Dunia [...]

2016-10-19 20:45:26 29

Manfaat Air Putih Hangat

Emak, 70 persen tubuh ini tersusun dari air? Tubuh yang kekurangan cairan, akan sangat buruk untuk kesehatan.  Yang sering dilakukan Emak untuk memenuhi kebutuhan air adalah minum air. Apalagi kalau air itu adalah air putih hangat setengah panas.  Dua tahun ini saya melakukan therapy  minum air putih hangat setengah panas, saat menjelang tidur dan bangun tidur.  Manfaatnya a [...]

2016-10-19 20:24:44 29

Vaksin Penyebab Autis

Vaksinasi adalah pemberian vaksin dari luar tubuh dengan tujuan untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Vaksinasi ini akan memberikan kekebalan aktif kepada anak tersebut berupa antibodi terhadap antigen spesifik atau imunitas; makanya program vaksinasi massal gratis ini oleh pemerintah disebut “”. Di Indonesia terdapat beberapa vaksin PPI (disediakan Imunisasi g [...]

2016-10-19 19:54:50 29

Manfaat Daun Bidara bagi kesehatan dan kecantikan

Hai Emak, Daun bidara atau ziziphus adalah sejenis pohon kecil yang tumbuh di daerah tanah kering. Di dalam bahasa Arab bidara dikenal dengan nama sidroh. Berikut adalah khasiat dan manfaat daun bidara: Menyembuahkan pilek, influenza, dan HIV/AIDS, kandungan senyawa anti bakterial, efisien untuk menyembuhkan penyakit disebabkan bakteri maupun virus, seperti pilek, influenza, flu babi, flu bu [...]

2016-10-19 19:46:18 29

Manfaat Minyak Zaitun Mengatasi Gula Darah

Emak tentu sudah tidak asing lagi dengan nama minyak zaitun bukan? Sejak ribuan tahun lalu minyak zaitun telah cukup terkenal memiliki berbagai manfaat dan khasiat, untuk kesehatan tubuh manusia dan juga manfaat lainnya seperti kecantikan, bahkan sejak 400 SM. Hipokares, yaitu bapak ilmu pengobatan telah memanfaatkan minyak zaitun ini untuk membuat berbagai resep terapi yang digunakan untuk men [...]

2016-10-19 19:33:50 29

Mitos Kesehatan yang Masih Populer

Mitos adalah sesuatu hal yang belum tentu kebenarannya. Namun, sebagian orang masih mempercayai beberapa mitos. Salah satunya mitos seputar kesehatan. Sehingga kebiasaan ini masih populer dilakukan hingga saat ini. Mitos seputar kesehatan apa saja yang masih populer di masyarakat? Bahkan sebagian mereka sangat mempercayainya.           P [...]

2016-10-16 04:19:13 29

Jangan Pernah Menunggu

Bagi seseorang yang biasanya aktif menunggu adalah hal yang sangat membosankan. Namun, adapula sebagian orang yang menikmati waktu menunggunya. Maka jadilah orang bijak yang memanfaatkan waktu menunggu dengan hal positif. Misalnya membaca buku, mencari ide untuk menulis atau membuat keterampilan sederhana.             Ada enam hal yang [...]

2016-10-15 22:38:19 29

Mengatasi Masalah Tulang dengan Makan Pete

Seiring dengan bertambahnya umur, kesehatan manusia semakin berkurang. Walau tidak menjadi jaminan, namun kenyataannya masalah tulang banyak dialami Emak yang berumur lanjut. Banyak faktor yang mempengaruhi, mengapa seseorang mengalami masalah tulang. Seperti, kurangnya kalsium, banyaknya kegiatan, obesitas,  yang berpengaruh pada kurangnya kemampuan tulang. Saya mendapat informasi tentang [...]

2016-10-14 18:50:00 29

Manfaat Air Hujan untuk Kesehatan dan Wanita

Tahukan Emak manfaat dan keberkahan air hujan? Pernahkah Emak hujan-hujanan? Seperti waktu Emak kecil? Diamkan air hujan sebentar, masukan ke dalam plastik bening. Lalu masukan ke dalam freezer kulkas. Beberapa jam setelah beku, akan terlihat banyak kristal-kristal indah di dalamnya. Ini menandakan air hujan adalah air yang sehat kaya oksigen. Apa saja manfaat air hujan?  Menyehatkan [...]

2016-10-11 19:27:46 29

Sehat Murah Meriah dengan Timun

Siapa yang tidak suka timun? Emak pasti suka juga kan? Saya juga suka sekali. Selain rasanya segar, dahaga saya terpenuhi bila mengonsumsi timun. Ternyata, timun juga makanan sehat murah meriah loh. Karena timun adalah sayuran  yang selalu ada di setiap rumah. Timun menduduki posisi keempat sebagai sayuran terbanyak dibudidayakan di seluruh dunia. Timun menyerap kandungan air, bernutrisi, [...]

2016-10-11 17:33:07 29

Bagaimana Menghadapi Serangan Jantung atau Angin Duduk Sendiri

Jika Emak tiba-tiba mulai merasakan sakit yang amat sangat di dada serta mulai ketarik di bagian lengan dan rahang.  Saat Emak tidak tahu apakah mampu sampai ke Rumah Sakit  terdekat atau tidak? Bagamana pertolongan ketika serangan jantung atau angin duduk, saat terjadi pada diri Emak? Banyak kejadian serangan jantung terjadi ketika Emak sedang sendirian, Merasakan jantungnya ber [...]

2016-10-11 17:27:25 29

Jangan Sepelekan Angin Duduk Berbahaya

Emak masih ingat bukan? Bagaimana dunia entertaiment dikejutkan dengan kematian mendadak penyanyi Mike Mohede. Padahal semalam beliau masih bernyanyi untuk SBY dan keluarga (mantan presiden RI). Indikasinya adalah angin duduk dan jantung. Begitu juga seorang teman, yang tengah malam membangunkan istrinya minta dikerokin (istilah Jawa, membuang rasa masuk angin dengan menggunakan uang logam dan [...]

2016-10-11 17:22:59 29

Kiat Mengatasi Baby Blues Syindrome Pasca Ibu Melahirkan

Emak tentu mendengar, seorang ibu menghabisi nyawa anak kandungnya di Cengkareng. Ibu yang dikenal pendiam, bersuami polisi dan tanpa masalah keluarga, membunuh dan memutilasi anak keduanya yang berusia satu tahun. Di Bandung seorang ibu membunuh ketiga anaknya dengan cara ditenggelamkan di bak mandi. Padahal kehidupan spiritual dan sosial mereka baik-baik saja. Semua peristiwa memilukan ini di [...]

2016-10-10 06:02:08 29

Tips Sehat Usia 45 Tahun Ke Atas

Adakah Emak yang  punya usia 45 tahun ke atas? Atau baru menjelang seperti saya.  Saya yakin ada ya? Proses penuaan (aging) sebenarnya sudah mulai sejak usia 32 tahun, dengan mulainya penurunan fungsi organ-organ (ginjal, lever, anak ginjal, hypophyse dan sebagainya), penurunan hormon-hormon, seperti testosteron, growth hormon, coenzym Q 10, melatonin, dan antioxydani. Pada wanita [...]

2016-10-10 05:56:05 29

Penting Diketahui Tentang GenZ

Tahukah Emak apa itu Gen-Z? Generasi Z (sering disebut Gen Z) adalah generasi yang lahir setelah pertengahan tahun 1990-an, dan merupakan generasi yang sejak kecil sudah sepenuhnya menggunakan internet.  Istilahnya “fully digital native” ungkap sebuah riset. Dimana sebagian besar waktu mereka dihabiskan secara online dari pada dengan teman secara fisik. Generasi dimana Emak tid [...]

2016-10-06 05:39:27 29

Tips Menghindari Kejahatan di Jalan raya

            Sekarang ini angka kejahatan di jalan raya sangat tinggi. Setiap hari di televisi ada saja berita criminal. Siapapun beresiko menjadi korban kejahatan, oleh karena itu Emak harus waspada. Angka kejahatan di jalan raya juga sangat tinggi. Begal,jambret, copet, dan hipnotis adalah kejahatan yang sering terjadi di jalan raya. Sasaran [...]

2016-10-05 21:49:16 29

Obat Ampuh Diabetes Mudah Murah dan Mujarab

Emak, Siapa yang tak kenal rambutan? Rambutan termasuk dalam jenis tanaman tropis yang termasuk dalam suku sapinicia, atau lerak-lerakan. Pohon rambutan tumbuh di daerah tropis terutama di daerah asia tenggara seperti Indonesia, Thailand, maslaysia dan Vietnam serta lainnya. Selain rasanya yang enak, kandungan yang ada di dalam buah rambutan ini pun sangat banyak dan menyehatkan bagi tubuh. [...]

2016-10-04 17:30:21 29

Duet Hebat Jahe dan Jeruk Nipis Untuk Sehat Alami

Hi Emak, siapa yang tidak kenal jahe dan jeruk nipis? Selain menemani Emak memasak di dapur, ternyata keduanya  bisa berduet loh untuk kesehatan.  Herbal alami yang murah dan mudah didapat, namun khasiatnya cukup dasyat. Banyak juga loh yang menanam karena multi manfaat.   Sebagai bahan rempah, jahe tidak perlu diragukan lagi. Selalu ada dan menemani Emak, melengkapi kelezatan ma [...]

2016-10-04 17:20:21 29

6 Tips Cerdas Memilih Pakaian Untuk Anak

Pakaian tidak hanya diburu oleh orang dewasa untuk mempercantik penampilan. Tetapi anak-anak pun tidak ketinggalan untuk berfose seperti orang dewasa dengan pakaian yang mereka kenakan. Namun, tidak menutup kemungkinan penampilan mereka adalah kreativitas Emaknya.             Sebenarnya anak apalagi usia balita tidak mengerti pakaian apa ya [...]

2016-10-03 22:35:31 29

Ngiklan Hebring dengan Heart Selling

Hai, Mak! Pastinya semua pernah dong baper alias bawa perasaan. Istilah ini enggak hanya populer di kalangan ABG saja lho. Buat Emaks yang juga pebisnis, sering juga kan dibuat kecewa lantaran di-PHP-in sama calon pembeli? Sudah banyak nanya ini-itu, pakai nanya nomer rekening segala, kadang-kadang malah sudah keep atau booking barang, eh ... ujung-ujungnya menghilang dan del-cont alias menghapus [...]

2016-09-30 11:17:40 29

Cara Mengonsumsi Garam Ala Rosul

Hai Emak, siapa yang tidak ingin terhindar penyakit yang ditimbulkan oleh garam? Tentu semua ingin bukan? Termasuk saya pastinya. Tahukah Emak? Ternyata Rasulullah sendiri bersabda: "Sebaik-baik lauk adalah garam" (Al-Baihaqi), ini sangat bertentangan dengan dunia medis saat ini yang mengatakan bahwa makan garam bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti darah tinggi, dehidrasi, kerop [...]

2016-09-27 21:09:37 29

Hindari 5 Masalah Ini Setelah Resign

Memtuskan resign dari pekerjaan mungkin menjadi pilihan sebagian Emak setelah menikah atau memiliki momongan. Dengan berbagai pertimbangan Emak memilih untuk tetap di rumah mendidik dan merawat anak-anak. Meninggalkan rutinitas kantor juga teman-teman kerja yang sudah Emak anggap saudara. Hal ini memang berat namun hidup adalah sebuah pilihan.         &nb [...]

2016-09-20 04:36:18 29

Cara Mengetahui Hewan Qurban Telah Mati Setelah Disembelih

http://fiqh-sunnah.blogspot.com Emak, Sebentar lagi Idul Qurban nih. Ada yang berqurbankah tahun ini? Kalau ada alhamdulillah. Semoga Allah menerima niat dan ibadah Emak melaui kurban ya Emak. Tahukah Emak, bagaimana Emak dapat mengetahui hewan yang telah mati setelah disembelih?. Nah, mengetahui hewan yang telah mati setelah disembelih itu adalah dengan menggunakan cara 3 macam reflek: 1 [...]

2016-09-08 22:01:29 29

Tabulampot Solusi Cerdas Menanam Buah di Lahan Terbatas

Memiliki pekarangan rumah dengan banyak pohon adalah impian setiap orang. Apalagi bagi Emak yang hobi menanam, sudah pasti pekarangan akan penuh dengan beragam bunga dan buah. Pasti seru ketika pekarangan rumah dipenuh beragam tanaman buah. Emak bisa memetik langsung buah segar dari pekarangan sendiri. Namun, impian Emak sering kali pudar karena pekarangan rumah yang sempit dan terbatas. Sehing [...]

2016-09-08 04:58:45 29

Diet Mayo Melangsingkan Badan Dalam 2 Minggu

Salah satu masalah bagi wanita bahkan pria adalah berat badan. Wanita selalu ingin tampil menarik dan seksi sehingga berat badan yang over adalah hal yang paling ditakuti. Hal serupa mungkin dialami beberapa pria             Bagi wanita yang selalu mengutamakan penampilan akan melakukan beragam cara agar tubuhnya tetap ideal. Melakukan diet [...]

2016-09-07 05:12:41 29

High Heels Antara Gaya Hidup dan Kesehatan

Wanita tak bisa dipisahkan dengan fashion. Salah satunya dengan sepatu. Beragam model dan warna menjadi incaran para Emak yang suka fashion. Kini sepatu high heels menjadi pelengkap yang menemani aktivitas para Emak. Dari mulai pergi ke pesta, bekerja hingga jalan-jalan.             Sepatu high heels akan membantu Emak yang bertubuh pendek [...]

2016-09-01 03:47:27 29

Keunikan Burung Maleo

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan flora dan fauna. Dari Sabang sampai Merauke memiliki ciri khas flora dan fauna. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke Indonesia. Pernah berkunjung ke Sulawesi Tengah? Bagi yang sudah berkunjung ke Sulawesi Tengah sudah pasti kenal dengan maskot daerah tersebut. Burung maleo merupakan maskot Sulawesi Tengah. [...]

2016-08-30 04:08:13 29

Kenali 5 Penyebab Pemicu Timbulnya Uban di Usia Muda

Rambut adalah mahkota wanita. Sekalipun wanita berhijab, tetap saja harus menjaga kesehatan rambut. Rambut yang panjang dan hitam adalah dambaan setiap wanita. Namun, ada beberapa Emak yang memiliki masalah dengan rambutnya. Seperti ketombe, rambut pecah-pecah atau mudah rontok. Hal tersebut bisa diatasi dengan pemilihan shampoo yang cocok dengan jenis rambut.      &nbs [...]

2016-08-29 00:54:07 29

Konsumsi Buah Lokal Wujud Cinta Produk Negri

Emak, ketika berbelanja di pasar buah tampak berjejer buah segar, ranum dengan warna yang mengkilap. Di kios mereka nampak buah impor yang mendominasi seperti anggur Australia, apel Fuji, apel Washington atau kelengkeng Bangkok. Bahkan harganya relatif lebih murah dari buah lokal.             Sejak adanya ACFTA ( Asean China Free Trade Agre [...]

2016-08-23 05:20:57 29

Deteksi Penyakit Lewat Warna Kuku

Apa warna kuku Emak? Sepintas warna kuku tidak pernah dihiraukan. Kita akan lebih waspada jika badan kita demam atau flu berat. Namun, Emak harus waspada terhadap warna kuku yang tidak lazim karena hal itu berkaitan dengan kesehatan. Apa hubungan kuku dan kesehatan? Warna kuku seseorang menunjukkan kondisi kesehatannya. Jika perubahan warna kuku tersebut tidak disebabkan oleh hal lain. Se [...]

2016-08-19 04:31:05 29

5 Cara Mencegah Osteoporosis Pada Wanita

Emak, pernah dengar tentang osteoporosis? Penyakit osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang menyerang tulang. Penyakit ini juga dikenal dengan the silent epidemic. Karena osteoporosis terkadang tidak memiliki gejala bahkan penderita tidak tahu menderita osteoporosis. Namun perlahan kualitas dan kepadatan tulang menurun sehingga tulang menjadi rapuh. Dan penderita akan merasakan  nye [...]

2016-08-17 06:00:53 29

Belajar Bahasa Hangeul di Kampung Korea Baubau Sulawesi selatan

Beberapa tahun belakangan ini film-film drama Korea begitu disukai oleh anak muda dan Emak-emak di Indonesia, mungkin Emak sendiri juga salah satunya. Namun tahukah Emak, kalau Indonesia  juga memiliki kampung Korea? Kampung  Gaya baru yang terletak sekitar 15 km dari kabupaten Baubau, menuju ke arah atas, yang didiami oleh etnis Cia-cia. Mereka memiliki bahasa Cia-Cia atau bahasa Buton [...]

2016-08-10 12:47:32 29

Manajemen Waktu Ala Emak Tanpa ART

Manajemen waktu merupakan  hal yang penting dalam menentukan tuntas atau tidaknya pekerjaan yang ditargetkan dalam sehari. Tidak hanya untuk pekerjaan yang bersifat formal nondomestic, namun juga menyangkut hal-hal nonformal domestic. Baik ibu  bekerja maupun ibu rumah tangga, terutama yang tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART), memerlukan pengaturan waktu yang tepat dan cerm [...]

2016-06-28 11:20:47 29

Inilah 6 Manfaat Rutin Mengkonsumsi Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu bahan pembuat minuman yang kaya akan antioksidan alami. Sejak jaman dahulu teh hijau dipercaya baik untuk menjaga kesehatan badan, kecantikan dan mempertahankan berat badan ideal.  Selain itu, teh hijau juga mengandung beberapa zat yang mampu melawan infeksi. Teh yang dibuat dari daun teh Camellia Sinensis ini, dipetik dan diproses dengan cara pengeringan untuk [...]

2016-06-28 11:09:05 29

AMAN MENGONSUMSI DAGING AYAM BROILER

Daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak digunakan sebagai bahan makanan karena relatif murah dan mudah didapat. Namun beberapa opini keliru tentang daging ayam muncul di masyarakat, terutama opini bahwa mengonsumsi ayam broiler tidak sehat. Dalam Tanya Jawab Seputar Daging Ayam Sumber Makanan Bergizi (Dirjennak, 2012), definisi daging secara umum merupakan protein hew [...]

2016-06-27 15:23:40 29

Mengenal Preeklamsi Dan Eklamsi Dalam Kehamilan

    Preeklamsi sering dijumpai pada ibu hamil trimester tiga kehamilan yaitu umur kehamilan 7 sampai 9 bulan. Preeklamsi dan eklamsi merupakan salah satu penyebab kematian pada ibu hamil dan ibu melahirkan. Preeklamsi dan eklamsi merupakan komplikasi ibu hamil yang disebabkan oleh hipertensi atau darah tinggi. Preeklamsi merupakan penyakit dengan tanda-tanda hipertensi, pembengk [...]

2016-06-17 05:24:50 29

Mengenal Kehamilan Palsu

  Kehamilan palsu adalah keadaan di mana tubuh mengalami tanda dan gejala kehamilan tetapi pada kenyataannya tidak hamil. Masyarakat awam sering dipercaya bayi hilang karena ghoib. Dalam ilmu kedokteran disebut pseudocyesis. Penyebab pasti kehamilan palsu belum diketahui faktor psikologis sementara ini memegang peran utama. Berawal dari keinginan seorang wanita untuk hamil, maka tu [...]

2016-06-14 06:16:43 29

Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

By : Rina MW Apapun yang dilakukan orang saat berpuasa di bulan Ramadhan bernilai ibadah, bahkan tidur pun dinilai ibadah, dan bau mulut orang berpuasa itu diibaratkan bau harum kasturi seperti yang di sebutkan dalam sebuah hadist Rasulullah SAW. “Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim). Walaupun bau mulut orang b [...]

2016-06-05 16:51:24 29

Mengenal kanker serviks

    Tahukah Emak mengenai kanker serviks adalah penyakit nomor satu pembunuh kaum wanita di dunia dan Indonesia. Menurut WHO terdapat 490.000 wanita terserang kanker serviks di dunia. Sekitar  80% diantaranya ada di negara-negara berkembang salah satunya Indonesia. Kanker serviks atau biasa disebut kanker leher rahim disebabkan oleh virus HPV (Human Papiloma Virus). Leher&n [...]

2016-06-05 16:14:56 29

Ada 3 Teknik Khitan Pilih Yang Mana

Khitan adalah proses pelepasan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Dalam istilah medis disebut juga sirkumsisi. Khitan hukumnya wajib bagi seorang muslim laki-laki. Ditinjau dari sisi medis, khitan ini memiliki manfaat yang sangat besar. Anak yang dikhitan memiliki kesehatan organ reproduksi yang lebih baik dan bersih. Pada umumnya tindakan sirkumsisi tidak akan menimbulkan kelainan [...]

2016-05-26 00:09:30 29

Aplikasi untuk Mengontrol Penggunaan Gadget Anak

Era yang serba digital kadang terasa bagai buah simalakama. Di satu sisi, banyak memberi manfaat. Namun di sisi lain, rentan juga menimbulkan masalah baru. Sebagai contoh, Emak memperbolehkan anak bermain dengan gadget. Sisi positifnya, si anak betah di rumah dan aman dari tindak kejahatan di luar rumah. Namun memunculkan masalah yang lebih banyak, diantaranya: anak jadi anti sosial, kesehatan mat [...]

2016-05-23 10:18:41 29

Jangan Pakai Perhiasan di 5 Keadaan Ini

Setiap wanita sudah menjadi fitrah nya cantik dan ingin selalu  tampil cantik. Salah satu penambah kecantikan itu adalah dengan menggunakan perhiasan. Namun, ada kondisi - kondisi tertentu untuk kita para emak tidak perlu menggunakan perhiasan adalah sebagai berikut  : 1. Saat Memasak  Memasak adalah bagian dari aktivitas yang tidak bisa lepas dari para emak. Sebaiknya pada saat [...]

2016-05-22 06:07:14 29

3 Jenis Mutiara Yang Perlu Emak Ketahui

Siapa yang tidak kenal mutiara? Benda unik yang dihasilkan dari laut dan menjadi batu permata di mata dunia. Bahkan kata mutiara telah bermetamorfosa menjadi sesuatu yang sangat langka, antik, berkilau, dan mengagumkan.  Nah, bagi emak  yang hobi koleksi mutiara atau sekedar referensi ingin tahu jenis-jenis mutiara, yuk kita bahas sama-sama : Pertama, Mutiara Alami. Mutiara jenis i [...]

2016-05-21 06:19:50 29

TERPAKSA Bisnis Mutiara Lombok

Awalnya terpaksa lama lama jadi terbiasa dan bisa, bahkan akhirnya jatuh cinta. Terkadang kita melakukan sesuatu berawal dari terpaksa karena tidak ada pilihan lain. Itu yang saya alami ketika saya terpaksa memulai bisnis mutiara lombok. Berangkat dari pekerjaan sampingan untuk melengkapi kebutuhan ekonomi. Apalagi saya dan suami masih  pengantin baru pada waktu itu. Pekerjaan mengajar [...]

2016-05-20 12:49:04 29

Doa Bersama Menjelang Ujian Nasional

Doa bersama menjelang ujian nasional kini menjadi trend di tiap sekolah. Hal ini mungkin dipicu oleh banyaknya siswa yang gagal atau kurang memuaskan dalam memperoleh nilai yang memuaskan saat ujian nasional. Memang, ujian nasional menjadi sesuatu yang menakutkan karena nasib siswa ditentukan hanya dalam beberapa hari saja. Pada akhirnya dicetuskan tradisi doa bersama. Doa memang dapat dilakuka [...]

2016-05-14 11:37:14 29

Salah satu penyebab utama banyak usahausaha yang akhirnya gulung tikar

Salah satu penyebab utama banyak usaha-usaha yang akhirnya gulung tikar adalah karena tidak adanya dana yang cukup untuk menghidupi usaha tersebut. Yang banyak terjadi adalah lebih besar pengeluaran dibandingkan dengan pemasukkan. Sangat penting untuk dapat menghasilkan pendapatan yang lebih besar dari pada pembiayaan. Dan tentunya pendapatan yang tinggi diperoleh dari pemasaran yang baik dan ting [...]

2016-05-13 17:51:45 29

Masih Pantaskah Hukuman Bagi Pemerkosa

Sedang santer menjadi pembicaraan di seluruh masyarakat Indonesia kasus pemerkosaan terhadap siswi bernitisial YY. Pemerkosaan yang dilakukan oleh beberapa pemuda tanggung atau ABG dengan cara yang brutal dan sadis. Tujuh pelaku diantaranya adalah kakak kelas korban di SMP. Hampir semua pelaku di bawah pengaruh alkohol. Korban sudah meninggal pun masih saja diperkosa. Hukuman yang dijatuhkan pu [...]

2016-05-08 11:05:39 29

Pentingnya Berpenampilan Menarik

Coba bayangkan bila Emak bertemu dengan dua orang berbeda. Orang yang satu berpenampilan ala kadarnya, yang penting mengenakan pakaian, dan terkesan kurang merawat diri. Jangankan berdandan, jerawat dan kulit yang berminyak pun dibiarkan hadir di wajahnya. Pakaian yang dikenakannya cukup eksentrik: tanpa pakem dan bisa dibilang tabrak motif. Belum lagi aroma tubuh yang membuat lawan bicaranya sera [...]

2016-05-04 11:35:08 29

Search

Most View

other5 Tips Berani Nyetir Sendiri Untuk Para Emak

Banyak Emak-emak yang sudah lama punya SIM A, bahkan sudah pernah b [...]

2016-05-04 21:47:23 view : 612356

otherTips mengaktifkan kembali kartu indosat ooredoo yang telah hangus

Cara mengaktifkan (re-aktivasi) kartu M3 ooredoo yang telah [...]

2017-05-13 23:39:54 view : 20622

inspirationPernah Bangkrut Maka Kini Dinii Fitriyah Berbisnis Tanpa Hutang Hingga Punya 300 Agen

Pernah punya bisnis komputer yang sudah berbentuk CV, ada 3 toko, o [...]

2016-09-30 09:10:18 view : 17244

bisnisSyarat Pencabutan NPWP Istri

Oleh: Zeti Arina

[...]

2016-02-18 06:33:42 view : 9971

Latest posts

otherMenjadi Tua dan Sunyi

       Menyaksikan orang-orang sekita [...]

2017-09-18 13:08:22 view : 71

cerpenIBU DAN CEMBURU 2 AKHIRNYA HARUS PERGI

IBU DAN CEMBURU 2: AKHIRNYA HARUS PERGI

[...]

2017-09-16 12:08:07 view : 114

inspirationMenyapih dengan Cinta ala Ummu Uwais

 

Anak udah dua tahun lebih, tapi masih menyusui? Di [...]

2017-08-19 12:51:35 view : 184

motivasiBUDAYA EWUH PAKEWUH

Mak, ada yang masih ingat nggak dengan kata “ewuh pakewuh?&rd [...]

2017-07-24 15:04:03 view : 216