Peran Orang Tua untuk Indonesia yang Lebih Baik

Indonesia akan lebih baik maka kita harus menerapkan mindset, berfikir jauh lurus kedepan bukan hanya berfikir tentang tiga atau sepuluh tahun yanga akan datang. Seperti halnya pada sebuah pernikahan. Dalam sebuah pernikahan kita tidak hanya ketemu pasangan terus langsung menikah punya anak terus yang ibu-ibu jadi  tenaga kerja wanita di luar negeri pulang bawa duit banyak tapi tumbuh kembang [...]

2017-05-31 20:21:06 29

4 Alasan Mengapa Emak Tak Perlu Khawatir Saat Resign

Gaya hidup metro pop telah mengubah pola pikir banyak perempuan, dewasa ini. Di mana bagi mereka, perempuan haruslah berkarya dan memiliki penghasilan. Maka meski ada rasa bersalah yang sebegitu besar terhadap keluarga, pada akhirnya perempuan-perempuan ini memilih bekerja agar dapat hidup sesuai standarnya. Tak ayal lagi, kekhawatiran membumbung tinggi di saat mendengar kata resign. Padahal merek [...]

2017-05-15 15:12:41 29

Kompetisi Menulis Milad IIDN Ke 7

Pada tanggal 24 Mei 2017, Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis akan milad ke-7! Kami akan menyelenggarakan kegiatan BERBAGI INSPIRASI UNTUK GERAKAN IBU RUMAH TANGGA INDONESIA MENULIS Syarat dan Ketentuan 1. Registrasi ke http://emakpintar.asia 2. Like fanpage emakpintar.asia di www.facebook.com/emakpintar.asia 3. Input ide dengan posting [...]

2017-05-02 15:33:41 29

Kopdar Emak Pintar Yogya ke 10 BELAJAR FOTO PRODUK

Siapa bilang foto produk yang kece harus pakai jasa fotografer profesional? Kini para emak pebisnis di EPY nggak perlu lagi pakai jasa fotografer kalau mau memfoto produknya.  Kenapa? Karena di Kopdar EPY ke-10 kemarin di markas BundaCo Klaten, emak Silma Apriliana sudah kasih ilmu cara-cara dan teknik-teknik memfoto produk biar kereeeen, hanya menggunakan smartphon [...]

2017-04-25 08:50:12 29

Update Emakpintar 2017

Update Finish ! - 2 Hour Update - Database Backup - Data & Share Profile Fixed - Fixed Profile - Database Square NB : Database backup until 15.00PM , repost your article if lost or not posted @ emakpintar.asia A . untuk para emak , diwajibkan posting menggunakan gambar jpg / png files . perhatikan sembelum melakukan post data. jangan tekan submit jika data belum terlihat l [...]

2017-04-07 19:07:37 29

Big Bad Wolf Books

Bazar buku terbesar di Dunia, akan hadir lagi di Jakarta. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini ya Mak. Karena di sini akan ada banyak buku dan semua jenis buku ada, mulai dari buku untuk anak-anak sampai buku tentang hobi. Big Bad Wolf Books di Jakarta selanjutnya disingkat BBWJakarta2017 akan diselenggarakan pada tanggal 21 April - 2 Mei 2017 di ICE BSD City, dan tahu enggak [...]

2017-04-04 17:41:18 29

Serunya Kopdar Emak Pintar Bandung Bersama Envygreen

Acara kopdar Emak Pintar Bandung yang biasa dilakukan setiap bulan, kali ini bersamaan dengan Launching produk skincare yang bernama Envygreen. Acara dilaksanakan pada Sabtu, 18 Februari 2017 di Hotel Suria Bandung. Acara dimulai dengan melakukan skintest bersama owner Envygreen, Diana. Peserta berkonsultasi mengenai masalah kulit wajahnya yang kemudian ditentukan skincare yang cocok untuk digunak [...]

2017-02-20 14:31:46 29

Valentine Day dalam Islam

Valentine Day dalam Islam Februari adalah bulan yang paling ditunggu bagi para remaja. Pada bulan ini terdapat hari yang begitu spesial bagi para kawula muda. Hari apakah itu? Ya, hari Valentine atau yang kerap disebut Valentine Day. Hari yang diperingati setiap tanggal 14 Februari dan sering disebut sebagai hari kasih sayang. Menurut sejarahnya, hari Valentine adalah hari perayaan atas huku [...]

2017-02-13 21:45:42 29

rumah rapi dan bersih meski punya anak kecil

Biasanya para ibu rumah tangga banyak mengeluhkan tentang jauhnya harapan dengan kenyataan antara punya rumah rapi tapi masih punya anak kecil-kecil di rumah. Intinya janganlah berharap punya rumah rapi jika anaknya masih kecil-kecil yang senang lari dan bongkar sana sini. Masak iya sih seheboh itu bila punya anak kecil. Sebenarnya sih tidak sesusah itu kok mempunyai rumah yang rapi meskipun an [...]

2016-12-30 06:07:53 29

Rumah rapi dan bersih

Pernah gak sih kita melihat gambar-gambar tentang desain interior rumah? Pasti pernah bukan? Di gambar itu rumah pasti terlihat dalam keadaan rapi dan bersih, terlepas dari mutu perabotan yang dipajang tentu saja. Rasanya bila diajukan sebuah pertanyaan untuk 100 orang ibu, baik yang bekerja di rumah saja atau berkarya di luar rumah, apakah kriteria rumah ideal bagi mereka? Saya yakin pasti [...]

2016-12-30 06:06:10 29

Penanaman Karakter Pada Anak

Setiap orang tua pastilah akan selalu menginginkan putra putrinya tumbuh menjadi insan-insan mulia yang sukses dan berkepribadian. Karena kesuksesan itu bukan hanya sekedar smart tapi juga ada nilai lain yang mengikuti seperti jujur, santun, bertanggung jawab dan masih banyak lagi. Akan tetapi, ternyata di dalam perkembangangannya generasi penerus yang ada sekarang sangatlah jauh dari harapan. [...]

2016-12-11 16:02:49 29

Long Distance Love

Long Distance Love Sejatinya pasangan suami isteri tinggal dalam satu atap. Tapi adakalanya pilihan terbaik dari pilihan-pilihan yang tersedia mengharuskan suami isteri terpisah jarak ratusan, ribuan, bahkan belasan ribu kilometer jauhnya. Entah karena pekerjaan, studi, tugas negara, dan lain-lain. Bukan rahasia lagi bahwa dalam membangun sebuah hubungan diperlukan kerja keras dan dedikasi d [...]

2016-12-10 17:26:01 29

MIMPI YANG TERTUNDA

Saya akhirnya di panggil untuk interviu, langsung oleh owner. Seorang wanita, cantik sekali, seorang putri Aceh, ia memiliki sebuah biro konsultasi dan sekolah untuk anak berkebutuhan khusus di Aceh, dia juga baru diangkat sebagai Technical Assisstant Gubernur Aceh saat itu. Prosesnya sangat cepat, tiba tiba aku sudah diterima untuk pekerjaan itu, aku juga bingung baru kali itu aku melamar peke [...]

2016-12-03 06:20:28 29

LELAHNYA SENDIRIAN

Berapa sih gaji untuk seorang terapis di klinik saya? Tidak besar, bahkan untuk dibandingkan dengan gaji pengasuh anak yang suka mengantar anak ke tempat terapi aja masih lebih besaran gaji mereka. Tapi, yang namanya rezeki bukan hanya dilihat dari harta yaa.. tapi nilai apa yang saya dapatkan. Alhamdulillah saya mendapatkan banyak ilmu disini, paling utama tentunya tentang perkembangan anak [...]

2016-12-03 06:18:33 29

KETIKA TANGAN ALLAH BEKERJA

Selama menjadi terapis, aku lebih sering Psikolog klinik menceritakan bahwa pihak manajemen harus berpikir panjang menerima aku sebagai pegawainya, karena dari hasil test terlihat indikasi bahwa aku paling hanya bisa bekerja disana paling lama setahun 😄, sama yaak kaya sebelumnya. lalu mengapa aku tetap diterima adalah karena, ada ciri lain yang sangat dibutuhkan dalam menjadi terapis dan ada d [...]

2016-12-03 06:15:24 29

MENYUSUN KEMBALI MIMPI MIMPI YANG TERSERAK

Psikolog klinik menceritakan bahwa pihak manajemen harus berpikir panjang menerima aku sebagai pegawainya, karena dari hasil test terlihat indikasi bahwa aku paling hanya bisa bekerja disana paling lama setahun 😄, sama yaak kaya sebelumnya. lalu mengapa aku tetap diterima adalah karena, ada ciri lain yang sangat dibutuhkan dalam menjadi terapis dan ada dalam diriku. Yaitu  kebutuhan untuk [...]

2016-12-03 06:12:29 29

RAINBOW DREAMS

Akhirnya kembali menjadi pengangguran 😂😂. Hal yang pertama kali aku lakukan adalah menghubungi dosen yang sebelumnya menawari pekerjaan. Namun sangat disayangkan beliau sedang berada di Philadelphia, aku diminta mengirim email. Akhirnya aku menunggu jawaban sambil mencari-cari pekerjaan yang sesuai dengan passionku, pendidikan. Suatu hari temanku yang bekerja di sebuah sekolah menyu [...]

2016-12-03 06:09:04 29

SEVEN TO FIVE

Akhirnya aku tetap berjalan meski hati masih sulit berpaling. Akan tetapi aku selalu ingin total dalam melakukan sesuatu, kubuang perasaan dan bekerja dengan profesional. Aku punya prinsip, dari pada mengeluh, lebih baik berhenti. Tapi juga tidak boleh berhenti di tengah jalan, tanpa meninggalkan jejak baik di hati siapapun. Aku tetap memberikan kinerja excellent setiap harinya. Selalu ceria [...]

2016-12-03 06:04:22 29

IMPIAN YANG TERSERAK

Lebih banyak lowongan yang tesnya harus di Jakarta, kali ini adalah perusahaan Telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Lulus Psikotes, kemudian dipanggil lagi untuk wawancara Minggu berikutnya. Ternyata yang interviu adalah kakak angkatan dulu di Psikologi. Meskipun terpaut jauh, dan tidak pernah bertemu. Apa yang dilakukan seorang lulusan psikologi dalam menginterviu lulusan psikologi lagi, [...]

2016-12-03 06:01:24 29

KEJUTAN DARI ALLAH

Kembali ke Bandung, kembali lagi dengan mencari pekerjaan hahahah. Iya, kita harus hidup. Meskipun sebenarnya passion saya bukanlah bekerja tiap hari masuk pukul 8 pulang pukul 17. Aku ingin bekerja bebas, sesuai gairah. Inginnya jadi penulis, tapi menulis saja masih belajar. Tiap hari saya menulis, selagi ada waktu kosong, subuh, malam, aku menulis. Aku bangun sebelum orang orang di rumah bang [...]

2016-12-03 05:59:10 29

SERAMBI MEKKAH

  SERAMBI MEKKAH Lulus dari kuliah, aku tidak langsung bekerja. Biasalah gak lulus aja kalau ngelamar kerja, masih baru cyiin 😂 Syukurnya banyak proyekan dosen. Alhamdulillah saya kebagian. Alhamdulillah proyeknya juga cukup mentereng. DBE ( singkatan dari Decentralized Basic Education) yang dibiayai oleh USAID. Yuhuuuu... Jalan jalan cyin 😍. Karena takut bentrok sama jadwal [...]

2016-12-03 05:51:06 29

3 Alasan Pebisnis Online Harus Bisa Nulis

Apakah menjadi jika pebisnis online harus bisa nulis? Sejauh apa dampaknya positifnya kepiawaian menulis dengan bisnis online yang digeluti?  Hai Emak, ketika memutuskan berbisnis online, maka bahasa komunikasi yang digunakan kepada pelanggan adalah bahasa tulisan. Inilah alasan utama pebisnis online harus bisa menulis.  Lantas seberapa pentingnya kebutuhan menulis bagi pebisnis? [...]

2016-12-01 22:07:04 29

Menjadi Perempuan Cerdas Dalam Bermedia Sosial

Siapa bilang media sosial itu hanya akan memberikan manfaat buruk, dan membuang-buang waktu saja untuk para  Emak. Paradigma itu bisa saja benar,  jika Emak tidak cerdas dalam  mempergunakannya. Jika Emak hanya mempergunakannya untuk menulis atau membaca status mengeluh, nyinyir dan menghujat saja. Namun semua akan terbantahkan jika Emak cerdas  menggunakan media sosial tersebu [...]

2016-11-30 22:48:45 29

5 Manfaat Kece Karena Menulis untuk Perempuan

Banyak pendapat bahwa  perempuan adalah makhluk yang sensitif, atau dalam   bahasa kekiniannya disebut Baperan alias bawa perasaan, dan efek  baperan ini jika tidak cepat taratasi bisa berakibat fatal juga lho, Mak. Sebab emosi yang bertumpuk dan berkepanjangan kerap bisa membuat seseorang tidak bisa menggunakan logikanya secara benar. Hingga pada akhirnya akan menjadi depresi berat [...]

2016-11-29 17:27:15 29

Kau Tetap Hidup dalam Tulisanku

Bagimu aku tak berarti, tak pernah ada, tanpa makna. Hari-harimu akan tetap berjalan dengan ceria seperti biasa, dengan atau tanpaku. Duniamu akan tetap berwarna seperti sewajarnya, baik aku ada maupun tiada. Namun tidak demikian artimu bagiku. Di hatiku, kaulah penentu warna langitku. Matahari akan meredup sinarnya, kala kau jauh dariku. Pelangi akan memudar warnanya, bila aku tak melihat senyumm [...]

2016-11-28 22:35:11 29

5 Bisnis Dahsyat Paling Diminati Ibu Rumah Tangga

Apa saja bisnis dahsyat yang digeluti Ibu Rumah Tangga? Seberapa dahsyat bisnis Ibu Rumah Tangga zaman sekarang? Emak, pebisnis dari kalangan Ibu Rumah Tangga sudah menjamur di masyarakat kita. Bisa dikatakan sebagian besar bisnis skala kecil dan menengah dikerjakan oleh Ibu Rumah Tangga. Bisnis dan perempuan masa kini seakan telah menjadi identitas baru. Sebab, produktif dari rumah dan [...]

2016-11-25 23:01:30 29

Waspadai Penyakit Laper Mata Saat Tanggal Muda

Awal bulan seperti ini biasanya bagi beberapa Emak kerap dijadikan jadwal untuk pergi berbelanja bulanan, ya? Mengingat kondisi keuangan sedang berada di zona aman alias baru saja dapat transferan dari suami. Apalagi yang merasa mempunyai penghasilan sendiri. Namun alih-alih berbelanja kebutuhan pokok untuk keluarga di rumah, kerap mata perempuan jelalatan kemana-mana alias ‘laper mata&rsquo [...]

2016-11-24 19:27:04 29

MODAL LIBURAN

November bersisa beberapa hari, Desember di depan mata, dan liburan panjang akhir tahun siap menanti. Liburan panjang?! Iya, liburan panjang akhir tahun. Anak liburan sekolah, pekerjaan kantor hampir on target, cuti masih bersisa. Jadi, masih mau melewatkan kesempatan liburan bareng keluarga?! Nggak mau. Agenda liburan yang panjang saat anak-anak libur sekolah adalah kesempatan terbaik buat keluar [...]

2016-11-24 04:25:57 29

Kanker Serviks Pergilah Jauh

Adakah riwayat kanker dalam keluarga anda? Jika ya, anda patut waspada. Salah satu penyebab kanker adalah faktor genetik. Menurut Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara, Dr. Poonam Khetrapal Singh setiap tahun delapan juta lebih orang meninggal karena kanker. Dari semua jenis kanker, kanker serviks merupakan pembunuh wanita nomor satu di Indonesia. Setiap harinya ada 26 wanita di Indonesia meni [...]

2016-11-18 22:14:11 29

Awas Predator Anak di Sekitar Kita

Anda yakin diluar rumah anak sudah sepenuhnya aman? Bagaimana dengan didalam rumah? Data KPAI menunjukkan adanya peningkatan signifikan korban pelecehan dan kekerasan terhadap anak tiap tahunnya. Hingga kini masalah ini masih menjadi perhatian khusus semua pihak. Suatu ketika saya mengajak anak laki-laki saya yang berusia lima tahun untuk bemain. Kami memilih arena bermain anak di salah satu pu [...]

2016-11-17 22:40:55 29

5 Kiat Sederhana Menjadi Perempuan Penulis

Apa betul profesi penulis paling cocok untuk perempuan?  Profesi sebagai penulis merupakan salah satu pilihan karir terbaik bagi perempuan. Apalagi bagi ibu rumah tangga (IRT). Sangat banyak nilai positif yang Emak dapatkan bila menjadikan penulis sebagai profesi. Alasan utama, tentulah karena terikat dengan rutinitas rumah tangga. Seperti mengurus rumah, mengasuh anak dan sebagainya. Ol [...]

2016-11-14 22:16:02 29

Cantik dan Sehat Haruskah Mahal

Tertarikkah anda saat melihat wajah cantik mulus para wanita yang berseliweran di televisi? Sukakah anda saat memandang wajah menawan merona dengan riasan yang hampir sempurna? Adakah keinginan dalam hati anda untuk memiliki wajah dan tubuh yang indah seperti mereka? Kita mungkin sepakat, kecantikan tidak semata-mata hanya dilihat dari tubuh dan wajah saja. Kebaikan hati, kedewasaan berpikir, kese [...]

2016-11-13 21:43:18 29

Mengelak Cengkraman Sang Pembunuh

Tahukah Anda bahwa kanker serviks pernah menjadi pembunuh nomor satu kaum wanita? Lantas bagaimana caranya menghindari dan mendeteksi kanker serviks?    Kanker Serviks di Indonesia Dari data yang dirilis oleh Kemkes tahun 2014, kanker serviks menduduki peringkat kedua terbanyak setelah kanker payudara, dan Indonesia menyumbang jumlah terbanyak penderita kanker serviks dibandi [...]

2016-11-13 19:07:28 29

Langkah langkah Mempersiapkan si Kecil Memasuki Taman Bermain

Langkah-langkah Mempersiapkan si Kecil Memasuki Taman Bermain Jika Emak menilai si Kecil sudah mampu atau dirasa saatnya  memasuki lingkungan  taman bermain, karena dinilai bisa mengedukasinya cara bersosialisasi dengan lingkungan yang lebih luas, memang tidak ada salahnya.  Namun di samping itu, Emak juga harus mampu menentukan kualitas taman bermain yang akan si kecil masuki. [...]

2016-11-13 09:24:19 29

Ekskul Asyik Ya Jurnalistik

Mengapa ekskul jurnalistik jarang mendapatkan banyak peminat? Apakah itu berarti bahwa ekskul ini tidak asyik? Memang, ada beberapa sekolah yang memiliki banyak anggota pada ekskul jurnalisitik, namun tak sedikit juga yang sepi peminat. Apalagi jika dalam ekskul itu memiliki sedikit kegiatan, belum memulai penerbitan majalah, atau bahkan baru didirikan. Kira-kira, gimana ya caranya agar ekskul jur [...]

2016-11-12 15:01:36 29

Tips Sukses Bagi Perempuan Penulis Pemula

Apakah bagi pemula di dunia kepenulisan bisa meraih sukses? Ranchodas Samaldas Chanca dalam film "3 Idiot" mengatakan : " ikutilah yang menjadi passionmu, pasti berhasil". Belakangan ini dunia kepenulisan diramaikan oleh kaum perempuan dari berbagai latar belakang. Tetapi, kebanyakan dari ibu rumah tangga. Dan mereka sukses. Ini merupakan berita baik bagi perempuan lain y [...]

2016-11-12 01:23:35 29

Malaikat Jatuh dan Sejuta Langkah di Bumi

Ada sebuah film yang menceritakan tentang malaikat yang terjatuh ke bumi karena sayapnya terluka. Selama beberapa waktu “Sang Malaikat Jatuh” itu harus melupakan sayapnya untuk bisa berjalan dengan kakinya dan berada ditengah-tengah kehidupan manusia. Sungguh bukan perkara mudah untuk memahami bahasa dan tata cara kehidupan manusia yang kompleks. Bahasa verbal, berbagai ekspresi wajah [...]

2016-11-08 23:49:30 29

Tak Ingin Menjadi Ibu yang Sempurna

Sekali waktu, anak saya pernah bilang, ‘Bu, aku pingin Ibu yang seperti itu. Baik, sayang sama anaknya, nggak marah-marah … gitu.” Anak perempuan saya, yang bulan Juli tahun depan baru berumur 6 tahun, mengucapkan kalimat pendek itu dengan nada yang lembut, lancar tanpa ragu, sambil menunjuk satu keluarga yang sedang menyantap makanan di samping meja kami. Saya mengikuti a [...]

2016-11-08 23:12:20 29

Semangat Ibu Muda Yang Membara

Dulu, aku takut sekali menjadi ibu di usia muda. Tak pernah terbayangkan bagaimana rasanya jadi ibu di usia muda.Bagaimana repotnya mengurus anak di usia muda. Tapi rencana Allah begitu indah, aku tak perlu membayangkan bagaimana menjadi ibu muda. Aku langsung disuruh praktek. Alhamdulillah anak pertama lahir saat usiaku 21 tahun. Tinggal jauh dari orang tua, dan hanya berdua bersama suami membuat [...]

2016-11-08 23:00:18 29

Langitku Indah Berhias Tiga Bintang

Tak pernah terbayangkan sebelumnya, aku akan menjadi langit yang sangat indah karena berhias tiga bintang besar penuh cahaya. Bintang yang berbeda-beda warnanya, masing-masing berpendar dan berkilau. Aku benar-benar beruntung. Tiga bintang itu terbit dan menyematkan  panggilan baru untukku, yaitu IBU. Dan untuk selanjutnya, luapan hatiku ini akan kutuangkan dengan sebutan baruku itu. &hear [...]

2016-11-08 22:58:40 29

Memaafkan dan Bersyukur Jalan Bangga menjadi Ibu

"Dan ternyata  firasat saya benar, bahwa obat yang direkomendasikan suster adalah berbahaya bagi ibu hamil" Anak merupakan buah cinta dua insan yang dititip dalam satu rahim. Oleh sebab itu menjadi seorang ibu adalah kebanggaan bagi saya, karena dipercaya oleh Allah untuk menjalankan peran dan tugas mulia. Maka sejak pertama kali dinyatakan positif hamil, saya sungguh b [...]

2016-11-08 21:15:17 29

Kuberikan Semua Hal Yang Terbaik Bagi 3 Mutiaraku

Menjalani peran ibu selama 22 tahun, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Dulu sebelum menikah, aku mempunyai pemahaman bahwa  menjadi seorang ibu itu mudah karena merupakan kodrat seorang wanita. “Semua tinggal dijalani saja kan? “Apa susahnya? Nanti juga bisa karena seorang wanita yang menikah dan mempunyai anak pastilah dia menjadi seorang Ibu” Pikirku. Tetapi ternyat [...]

2016-11-08 19:15:28 29

AKU BUKAN IBU BILA ANAKKU BUKAN ANAKKU

            Ruangan ini memelukku dalam dingin. Ia mencengkram setiap sendi tubuhku tanpa belas kasihan. Entah apa yang terjadi di seberang sana sehingga tubuhku berguncang hebat. Tirai itu tidak memperbolehkanku untuk melihat apa yang terjadi. Badanku diam menolak untuk mengikuti kemauanku. Tiba-tiba napasku sesak, mataku mendelik. AKU AKAN MATI. Pikirku takut. &n [...]

2016-11-08 18:45:37 29

Banggakah Saya Menjadi Ibu

“Banggakah saya menjadi Ibu?” Pertanyaan itu, pelan-pelan saya eja di ruang kesadaran jiwa. Tentu saja! Tentu saja saya bangga menjadi Ibu. Saya bangga menyandang gelar Ibu bagi dua putera yang sangat istimewa. Kemudian, ada pertanyaan susulan. Bangganya gimana? Apa yang membuat bangga? Eheemm.. pertanyaan aneh yang harus saya jawabkah? Menjadi ibu saja sudah sebuah k [...]

2016-11-08 17:31:15 29

Ibu Profesi Mulia tanpa Sertifikasi

“Ummi kenapa ikutan kuliah lagi?,” tanya bungsuku. Dua tahun terakhir  ini,  aku memang lebih sering berkutat mengerjakan tugas-tugas kuliah. Saat usia menginjak kepala 4, aku memutuskan untuk mengikuti jenjang pendidikan magister. Demi satu tujuan : bisa tetap menafkahi anak-anak melalui profesi dosen, serta  bisa lanjut mengupayakan memperoleh sertifikasi. Ya, sertifik [...]

2016-11-08 17:10:49 29

Metamorfosa Ananda

Menjadi orangtua adalah perjalanan yang menakjubkan. Ya memang sih, ada Ibu yang rela meninggalkan, membuang bahkan membunuh bayinya. Namun banyak juga kok perempuan yang ikhtiar setengah mati demi mendapatkan keturunan. Segala cara ditempuh demi mendapatkan buah hati. Dari metode medis, non medis, naturalis, bahkan unsur agama pun dijalani. Kita tak berhak memvonis jalan hidup orang lain, kan? Ya [...]

2016-11-08 16:43:56 29

Kesempurnaan yang Diupayakan

Namanya Bi’E, Ia hadir sebagai jawaban atas dua belas tahun kerinduanku pada sosok bayi. Bisa dikatakan kehamilanku kali ini termasuk fase yang sulit. Bukan masalah ekonomi yang menyulitkannya, tapi proses menjalaninya. Rasanya semua menjadi serba salah. Sesak napas, keram perut dan insomnia mendominasi. Entah kenapa hubungan dengan suami pun mengalami krisis. Ia tampak beg [...]

2016-11-08 16:14:06 29

Perang Abadi Antara Mengingat Melupakan

Setelah sebelumnya gagal setor link karena ditulis dari handphone ,  Bismillah, akhirnya kembali ke laptop ,hihi ... Tentang kebanggaanku menjadi seorang ibu.   Pagi itu aku ingat betul raut wajah tergesa-gesa mama, mama tergopoh-gopoh bangun karena adzan subuh sudah terdengar dari mesjid. Mama selalu berpesan "jangan lupakan bersyukur atas awal hari ketika kamu bangun sete [...]

2016-11-08 16:01:01 29

BERBAHAGIA DENGAN KETIDAKSEMPURNAAN

BERBAHAGIA DENGAN KETIDAKSEMPURNAAN   Masih jelas dalam ingatan saya, bagaimana suara tangisan nyaringnya terdengar begitu merdu di telinga saya. Rasa sakit yang saya alami berjam-jam sebelumnya langsung hilang, begitu kami pertama kali bertatapan. Matanya yang bulat hitam berbinar-binar, seakan begitu antusias melihat dunia untuk pertama kalinya.Sosok mungil itu begitu sempurna di mata [...]

2016-11-08 14:56:03 29

Tolooong Anakku Kritis

TOLONG…! ANAKKU KRITIS Apa ibu pernah merasa butuh pertolongan saat si buah hati “KRITIS”? Memiliki anak yang kritis tidak jarang membuat orang tua terutama ibu yang merupakan sosok yang bisaanya lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak, dibuat SUSAH. Susah? Iya susah! Susah untuk mencari jawaban yang benar dan tepat atas pertanyaan-pertanyaan “ajaib” sang [...]

2016-11-08 14:53:13 29

Love You Both

  “Ma, bikinin abang facebook” ujar anak tertua saya suatu hari. What? “Teman-teman abang banyak kok yang punya facebook” ujarnya lagi ketika saya memperlihatkan raut muka tak setuju. Aduhai...anak sulung saya sudah beranjak pra-remaja sekarang. Rasanya masih terngiang di telinga ketika Almer mengatakan “ngi-ngan” untuk menjelaskan kata-kata “cu [...]

2016-11-08 14:52:13 29

BANGGA MENJADI IBU KARENA KALAU TIDAK MENANGIS MAKA TIDAK BELAJAR

Menuju usia dua  tahun anakku si cantik Einar mau mulai di lepas popok. Dulu sebenarnya memang tidak pakai popok, tapi karena pindah rumah ke tempat sejuk, menyebabkan dia susah tidur, karena buang air kecil terus. Akhirnya diputuskanlah memakai popok meski hanya ketika tidur. Mulai makan, segala dimakan eh malah jadi diare. Akhirnya pake popok supaya tak kemana mana kotorannya. Seterusnya em [...]

2016-11-08 14:50:26 29

Goresan Rindu si Tukang Kritikku

Ah, waktu kok rasanya berjalan begitu cepatnya. Sepertinya baru kemarin Ummi melahirkanmu, Nduk. Sekarang kamu sudah kuliah dan tinggal di kota gudeg. Masih terekam jelas dalam ingatan Ummi saat melahirkanmu di sebuah rumah sakit tentara yang sepi di daerah Subang, Jawa Barat. Hanya ditunggui Abimu yang sekaligus jadi asisten Bu Bidan yang sudah sepuh. Terlahir di bumi parahyangan tapi kulitmu tet [...]

2016-11-08 14:37:35 29

Aku bukanlah cerminan Ibuku

Ibuuu ku sayang.. Masih terus berjalan... walaauu tapak kaki.. penuh darah penuh nanah... Lagu ini bergema di telingaku. Begitu syahdu. Aku, hanyalah seorang anak yang kini menjadi ibu. Telah kurasakan bagaimana perasaan dan perjuangan menjadi seorang ibu di usia muda. Sama persis seperti ibuku. Hanya saja berbeda ruang, waktu dan kisah... Selagi aku masih kecil, entah di usia berapa, aku m [...]

2016-11-08 14:14:46 29

SENANDUNG CINTA UMMAZEA

Mengenang Masa Muda "duh lucunya ,,sini tante gendong sayang yuk!", begitulah dulu sewaktu gadis saya menyapa setiap anak bayi atau balita dari teman atau kerabat yang saya jumpai, saya langsung menggendong mereka, hmmm tapi tak selang dua menit dalam hati bicara "duh berat juga nih,, pegel tangannku" lalu saya langsung menurunkan si balita lucu itu dan memberikan kepada ema [...]

2016-11-08 12:23:40 29

MERANGKAI MIMPI MELUKIS PELANGI

                                                        MERANGKAI MIMPI  MELUKIS PELANGI              Sebuah titipan besar kini kumiliki            & [...]

2016-11-08 11:37:50 29

Seorang Anak Sejuta Keberkahan

Betapa bahagianya hati Sari saat kelahiran putra kedua. Kelahiran kali ini bagaikan penawar kesedihan sepeninggal Ibunda empat bulan sebelumnya. Hari demi hari, anak kedua yang tampan ini menunjukkan pertumbuhan fisik selayak  anak usianya. Badannya berisi namun tidak gemuk. Kepandaian geraknya sesuai dengan tumbuh kembang bayi balita yang dibacanya di buku-buku. Kalaupun ada yang mengganggu [...]

2016-11-08 11:37:54 29

Hadirmu Telah Mengajari Arti Kekuatan Sesungguhnya

Hingga hari tuaku Hingga redup cahyaku Semua kulakukan untukmu Kita akan bersama habiskan usia Menaklukan dunia Jika habis nafasku Kupergi lebih dulu meninggalkan dunia Kenanglah diriku, sebaik aku mengenangmu. . . Kenanglah  aku, nak...kenanglah kebaikanku jika kelak aku pergi lebih dulu. Agar kamu merasa bangga memilikiku, meski aku tidak sempurna.  Seperti aku yang bangga [...]

2016-11-08 10:34:32 29

Tolong Bantu Aku Bangga Menjadi Ibu

Ini adalah cerita tentang Senin yang hampir melukai hati. Sebongkah kekuatan diri yang kubangun untuk berjuang bangga menjadi ibu, hampir saja roboh. Rintik-rintik gerimis pun sempat membuat sembab kedua netra. Ah! Izinkan aku kembali mengusapnya agar tak kembali tumpah di atas aksara.   Senin lalu, sepekan mundur dari hari ini, aku diminta ke satu penerbit buku. Sayang, hingga siang ha [...]

2016-11-08 05:18:40 29

I Can Do Anything

“Being a mother is one of the highest salaried jobs...since the payment is pure love.” Mildred B. Vermont “Ibu adalah seseorang yang bisa melakukan segalanya demi cinta” Setidaknya itulah yang kuyakini selama ini. Sosok ibu itu sosok yang serba bisa. Kalau diperlukan, seorang ibu akan bisa melakukan apa saja, lepas dari apakah dia benar-benar mampu atau tidak. Pen [...]

2016-11-08 00:58:16 29

ADA APA DENGAN SRI

Ada yang takut dengan angka 20 selain Sri?  Ibu beranak empat itu selalu berdebar ketika tanggal masih di angka 20 sedangkan lembar uang lima puluh ribuan tinggal dua pasang ditemani oleh beberapa uang dua puluh ribuan dan recehan yang banyak. Padahal masih sepuluh hari lagi mendapatkan suntikan dana dari suami. Anggap saja saat itu ada uang tiga ratus ribu rupiah, berarti untuk sepuluh ha [...]

2016-11-07 22:33:06 29

Menjadi Ibu itu Mulia

“Ibu itu kan supermom. Semua serba bisa. Jarang sakit, dan selalu ada jika aku membutuhkan Ibu!” kata sulungku yang sekarang sudah duduk di bangku kelas dua SMU. “Deg!” Rasanya detak jantungku berhenti sejenak. Terhipnotis oleh kata-kata yang diucapkan sulungku. Waktu itu, anakku baru pulang sekolah. Duduk di kursi, sambil mencopot kaos kakinya. Entahlah, setiap anak- [...]

2016-11-07 17:10:30 29

Aku Sayang Bunda

“Aku sayang bundaaa....!”  terdengar suara anak perempuan menangis sampai terdengar olehku. Suaranya berasal dari parkiran ruko sebelah yang sedang direnovasi. Saya yang sedang berbicara dengan karyawan baru merasa sedikit terganggu.  Seorang anak perempuan berteriak pada ibunya sambil menangis histeris. Saya mendengar ibu itu berbicara keras pada anaknya. Bak adegan disin [...]

2016-11-07 16:22:02 29

Sejarah candi Borobudur

Sejarah Candi Borobudur       Berbagai versi tentang asal usul berdirinya Candi Borobudur di indonesa tidak mengurangi keaguman masyarakat luas akan kemegahan bangunan sisa peninggalan masa lalu. Versi paling populer adalah candi Borobudur merupakan bangunan khusus agama Budha yang dibangun oleh Raja Samaratungga atau Smaratungga salah satu raja besar dinasti kerajaan S [...]

2016-11-07 12:34:22 29

Mengenalkan Abdullah kepada Dzat yang menciptakannya

Abdullah, 18 bulan. Menangis karena ingin terus menerus dibacakan buku yang sudah belasan kali diulang oleh ambu dan abahnya secara bergantian di waktu yang sama. Jam sudah menunjukkan pukul 10 malam, waktu itu. ************** Tentang Abdullah. Mengenalkannya kepada Dzat yang menciptakannya. Oleh: Winda Uthami Tisnawati Abdullah sedang menikmati kudapannya sore ini. Kuberi ia sebuah pis [...]

2016-11-07 12:28:34 29

Bersahaja Bahagia Bangga

"Umi, awan kok gak jatuh?" Tanya si sulung pada suatu pagi. Sambil menemani saya masak daun ubi. "Apa karena dipegangin sama Allah?" Tanyanya lagi sambil mempraktekkan tangannya seolah-olah menggenggam awan. Tentu saja saya tertawa mendengar celoteh dan aksinya. "Awan memang diciptakan Allah. Tapi Allah tidak menggenggam awan itu. Abang pernah liat kabut? Kabut it [...]

2016-11-07 04:52:37 29

Si Sulung Anak Pengharapan

Kata orang, anak membawa berkat, pengharapan bagi orangtuanya. Begitu juga dengan anakku. Anakku, si sulung, lahir sesuai dengan yang aku harapkan: segera setelah menikah, aku hamil. Girang hatiku tak terbayang walau ada rasa kuatir karena ini adalah pengalaman pertama. Kondisi keuangan kami tidaklah bagus karena suamiku saat itu masih menganggur setelah krisis ekonomi 1998. Aku masih bekerja, [...]

2016-11-07 04:38:46 29

Wanita Pesisir itu bernama Aku

Sepertinya malam itu berjuta malaikat turun, saling menengadah dan mendoakan bayi yang sebentar lagi akan lahir. Nazih lahir tepat di hari yang penuh berkah, pada tanggal ayahnya gajian, dan lahir saat kondisi keluarga besar baru lolos dari masalah berat. Kebahagiaan itu muncul sejak dia di dalam kandungan, rejeki yang berlimpah, tinggal bersama keluarga, dan buah-buahan panen begitu besarnya. [...]

2016-11-06 20:34:11 29

APAPUN KATA MEREKA SAYA PERCAYA HAFIZH BISA

            Setiap orang tua pasti mendambakan putra-putri yang bisa dibanggakan. Berprestasi di dalam dan luar sekolah, tingkahnya manis, dan tidak merepotkan. Tetapi, bagaimana jika ceritanya justru kebalikan? Bagaimana jika anak justru dianggap pembangkang dan biang onar? Seperti yang terjadi pada Hafizh, putra pertama saya.    [...]

2016-11-06 19:53:59 29

Anakku Palangi Hidupku

Anakku Pelangi hidupku   Ada yang mengatakan ibu itu malaikat tak bersayap. Ya, Ibu akan melakukan, melakoni, menjalankan, dan mengusahakan apapun demi anak-anaknya (Tentunya sesuatu yang baik lho). Ibu juga super hebat, biarpun lelah tetap semangat mengurus, menjaga, dan selalu menyayangi anak-anaknya yang gemesin, suka usil, atau membuat rempong. Semua itu menjadi warna dalam  k [...]

2016-11-06 08:03:05 29

YES YOU ARE A MOM UNTIL YOUR LAST BREATH

Bagi sebagian perempuan, hamil mungkin saat yang menyenangkan dan paling dinanti setelah perjanjian suci diikrarkan. Tapi agak berbeda dengan saya. Dibesarkan pada keluarga yang cukup liberal dan adanya kebebasan untuk beraktivitas di luar, membuat saya sangat tidak peka dan paham akan arti sosok seorang istri apalagi seorang ibu. Saya cukup jatuh bangun mengeja sosok ini dalam kehidupan. Saat [...]

2016-11-06 01:20:07 29

Perjalanan

Dashboard : Article add :   Dear putriku... Mama telah menyayangimu sebelum wujudmu nyata, dan mama telah menambatkan hati, jauh sebelum hatimu terbentuk. I falling in love with you at first sight, dear. Masih teringat dengan jelas bagaimana ruang bersalin yang mencekam, berubah menjadi sukacita saat tangis pertamamu pecah. Mama yang berlumur peluh seketika kaget, kar [...]

2016-11-05 22:07:56 29

Karier dari Sang Pencipta

Sayup terdengar alunan ayat suci Al-qur'an di kejauhan. Perlahan tapi pasti, suaranya masuk ke alam bawah sadar, dan memerintahkan syaraf di otakku untuk membuka mata. Aku, seorang gadis tomboy, anak teknik yang dulu paling susah bangun pagi, sekarang bisa terbangun dengan mudah seiring suara ngaji, menjelang azan Subuh di Masjid.  Aku yang dulu, harus menyetel alarm berkali-kali untuk [...]

2016-11-05 20:53:50 29

Bangga Menjadi Ibu yang Produktif Menulis dari Rumah

Bangga Menjadi Ibu yang Produktif Menulis dari Rumah Sejak menikah, saya metutuskan untuk menjadi full time mother dengan suka rela. Hal itu merupakan kesepakatan saya bersama suami, dan saya merasa bahagia dengan pilihan itu. Akan tetapi, dalam perjalanannya kadang ada hal-hal yang membuat saya sedikit merasa kurang nyaman atau bahkan minder. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu menjelang [...]

2016-11-05 20:34:28 29

Makan Sambil Bicara Boleh kah

Makan Sambi Bicara, Boleh kah?  “Apakah aku? Aku seekor serangga.” “Nyamuuuk!” “Belum tepat, Mas Hamzah. Ayo, dicoba lagi ya! Aku punya sayap tapi aku lebih sering melompat daripada terbang.” “Ayaaam!” “Bukan, Mas Husain. Ini serangga. Lanjut ya, jenisku ada yang seperti daun, ada yang seperti ranting, batu, bahkan ada yang [...]

2016-11-05 12:35:38 29

Anakku adalah Pembelajaran Terbaikku

  Melangkah pelan kami berjalan menuju pintu keluar rumah sakit. Menurut bidan yang menanganiku, waktu melahirkan masih lama, karena baru bukaan dua. Bidan menyarankan kami untuk pulang ke rumah dan melakukan rutinitas sehari hari seperti biasanya. Tetap bersabar dan terus memantau kontraksi datangnya tiap berapa menit. Sesampai dirumah kucoba untuk menghabiskan makan malamku. Biar ada [...]

2016-11-04 07:47:09 29

Menjadi Ibu Mudah Karena Ikhlas

Menikah dan segera memiliki momongan, begitulah harapan saya. Suatu hari ibu berujar bahwa saya tidak akan punya anak sebelum punya rumah sendiri. Serius, Bu? Maksud ibu sih, bercanda. Tapi bagai tinta yang tertoreh di kertas dan mengering, ucapan ibu tak bisa ditarik kembali. Tiga tahun berlalu tanpa tanda-tanda kehamilan. Usaha terakhir yang harus saya dan suami tunaikan adalah membeli rumah. [...]

2016-11-04 02:18:18 29

Bangga Menjadi Ibu

Empat tahun sudah aku menjadi seorang ibu atau menjadi bunda bagi Asllan Veda Tectolaeis anakku. Sungguh tidak terasa waktu begitu cepat berlalu. Sepertinya baru kemarin aku merasakan sakitnya kontraksi, berjuang untuk bisa mengantarnya melihat dunia ini. Aku selalu memperhatikan tumbuh kembangnya mulai belajar miring, tengkurap, berlanjut dengan melihatnya merangkak, menyaksikan dia belajar duduk [...]

2016-11-03 16:36:14 29

BANGGAKU KARENA AKHLAKMU

Semenjak menjadi ibu, ada hal baru yang membuat saya ketakutan saat tidak ada suami di rumah. Takut hantu?? Bukaann...tapi takut kalo lagi kebelet ke toilet dan si kecil yang baru berumur 10 bulan ga ada yang jagain..Padahal di usianya sedang aktif bergerak, mulai manjat kasur, menarik apa pun yang ada di dekatnya. Pernah ngalamin hal kaya gini ga? Pasti sebagian besar ibu-ibu pernah merasakann [...]

2016-11-02 15:28:22 29

Ibu Bahagiakan Dirimu

Suatu hari saya ditanya oleh dosen pembimbing skripsi, “Setelah lulus mau apa? Sebagai seorang mahasiswi, saya biasa memberikan les kepada anak-anak sekolah. Hasilnya lumayan buat jajan dan belanja keperluan pribadi. Tapi saya ingin lebih dari itu. Bekerja kantoran. Sambil menunggu wisuda saya melamar pekerjaan sesuai dengan kemampuan saya. Dengan bekerja saya ingin menjadi seorang wanita [...]

2016-11-02 08:48:14 29

LIMA CAHAYA DI AKHIR HAYAT SANG IBU

Allaaahu akbar... Allaaaaahu Akbar...  Allaaaahu Akbar... Laaailaa...haillalaahuwallaahuakbar.... Allahu Akbar.... Wa lillaaahilhamd..... Malam itu gema takbir masih berkumandang, terdengar dering ponsel kaka iparku. Suaminya menelepon dari rumahsakit karena siang tadi saat orang-orang berlebaran, kondisi beliau menurun sehingga kelima anaknya serta bapa mertua mengantarkannya ke rumah [...]

2016-10-31 13:26:27 29

Aku Bangga Menjadi Seorang Ibu

Tidak ada yang istimewa, karena banyak perempuan di luar sana yang masih sepemikiran denganku. Yaitu, menikah di usia muda. Menjadi seorang ibu muda, sudah aku cita-citakan sejak masih sekolah. Karena aku ingin umurku dan umur anak-anakku tidak terpaut jauh. Tidak ada yang istimewa, saat 31 Juli 2002 putri pertama kami lahir. Syarifah Nafisah Kirana Dewi Alhabsyie, begitulah nama yang kami beri [...]

2016-10-31 09:35:44 29

Belenggu itu bernama Ibu

“Terima kasih Abi, telah mendidik Ummi dan anak-anak. Ummi bersyukur dan bahagia karena kita bisa bersama, meski dalam waktu yang tak lama”.   Ibu, Bunda, Mamah, Mami, Ummi, apapun sebutannya, adalah mahluk istimewa. Begitu istimewa sehingga keberadaan seorang Ibu mendapat tempat tersendiri : “ Surga di telapak kaki Ibu”. Peran Ibu yang demikian besar, sangat say [...]

2016-10-30 23:18:24 29

ANAKKU BUKAN KUTUKAN

Kau bersemayam di rahimku di saat aku masih dilanda depresi dan trauma akan kehilangan; harta, jabatan, bahkan teman. Satu persatu meninggalkanku dalam luka perih tak berkesudahan. Lilitan hutang pasca melahirkan, biaya pengobatan hingga berujung pada kematian puteraku, membuatku merasa takut untuk kembali merasakan hamil dan menjalani proses persalinan. Aku takut kejadian akan berulang. Kata-k [...]

2016-10-29 12:09:28 29

NANE KU

Melatih kemandirian untuk anak bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan kesabaran dan konsisten dalam menerapkannya. Tak sedikit ibu yang menyerah dengan segala aturan yang telah dibuat hanya karena tidak tahan dengan rengekan atau ulah anak yang belum dapat mengikutinya. Belum lagi dengan perasaan “tak tega” ketika mengajak anak untuk melakukan kegiatan yang akan melatih kemandirian atau ke [...]

2016-10-29 11:34:11 29

Menempuh Jalan Bangga Menjadi Ibu

Menempuh Jalan Bangga Menjadi Ibu Kemarin, aku sudah berjanji untuk berjuang bangga menjadi ibu. Aku tahu, Dia yang Maha Rahman tidak akan membiarkan diri ini tanpa uji untuk menempuhnya. Artinya, Dia akan mengirimkan pelajaran-pelajaran melalui dua malaikat kecilku. Dengan pelajaran itu, apakah aku dapat menjadi ke arah bangga, atau menyesali diri menjadi ibu. Layaknya hidayah, bagiku, untu [...]

2016-10-29 07:27:35 29

Kebahagiaanku Sebagai Seorang Ibu Baru

Bahagianya hati ini, setelah dua bulan menanti dan berdo’a, Allah mengijabah do’a kami. “Mas...aku positif!:)”, ucapku penuh haru pada suami. “Alhamdulillah..”, kami pun sangat bersyukur waktu itu. Walau pernikahan kami masih seumur jagung, tapi kehadiran sang buah hati diantara kami begitu kami harapkan kala itu. Hari-hariku diliputi kebahagiaan karena kehad [...]

2016-10-28 12:40:08 29

Sebagai Ibu Apa Yang Bisa Kubanggakan

Beribu kisah mengukir dinding. Menggelindingkan tangisan, tawa, canda yang menyuling jiwa-jiwa suci menuju perapian hati  matahari. Cahaya berpendar di langit-langit, menghujani setiap sudutnya dengan  kasih sayang abadi​​​​​​. ( FAS ) Bangga menjadi ibu? Sepertinya tak ada satu pun hal yang bisa aku banggakan atas diriku sendiri semenjak menjadi ibu. Terlalu banyak kekura [...]

2016-10-26 14:48:09 29

Aku Bangga Menjadi Ibu

Apakah aku bangga menjadi ibu? Pertanyaan itu kerap menghantui. Meneror dan minta jawaban untuk membuktikannya dalam tindakan. Beberapa kejadian memberi jawab, bahwa aku belum bangga menjadi ibu. Belum menikmati peran dengan baik. Belum! Aku benar-benar belum bangga. Lihat! Apa yang terjadi sekarang? “Kakaaak!?” Mendengar intonasi suara ini, anak sulungku hanya tertawa. Dia [...]

2016-10-25 07:32:48 29

MALAM PERTAMA KU

MALAM PERTAMAKU   Malam itu adalah malam pertama ku denganmu Memeluk erat tubuhmu Mengatur degup jantung yang masih tak beraturan Menyatukan nafas meski perih masih berlarian di sekujur tubuhku Tapi, entah bagaimana?  Rasa luka itu mampu kau kalahkan hingga aku tak sanggup beranjak darimu Sungguh engkau membuaiku…   Tahu kah kau, sejak subuh tadi [...]

2016-10-24 22:34:43 29

BANGGA MENJADI IBU Tutup Telinga lalu bukalah Hatimu

  Peristiwa ini terjadi ketika Anna masih belum berjalan, kira kira mendekati usianya 15 bulan. Seperti biasa, saya suka membawanya berjalan-jalan, kali ini berjalan jalan menggunakan angkot (angkutan umum). Kebetulan angkotnya sepi, hanya aku, Anna dan seorang ibu di seberang kami. "Anaknya berapa bulan? Setahun ada?", Tanyanya. "Ada, mau 15 bulan", aku tersenyum. [...]

2016-10-24 13:46:49 29

Training Heart Selling bareng IndsCript

Terpaksa, sore ini waktu untuk bermesraan bareng suami dan keluarga harus berkurang. Mau gimana lagi coba? Rasanya, enggak rela banget meninggalkan training bareng ribuan Emak baper yang diadakan IndScript. Senin, tanggal 24 September kemarin, teh Indari (mentor bisnis dan nulisnya IndScript) mengadakan training yang dijulukinya dengan Heart Selling. Apa sich Heart Selling itu? Heart Selling ad [...]

2016-09-28 15:07:34 29

Pingin Pulang Kampung dan Belajar dari Kampung

Musim mudik memang sudah lewat, ya, Mak. Ternyata, ada juga Emak yang mengaku tidak mudik karena tidak punya kampung halaman. Nah, mengapa tidak mencari kampung halaman baru? Maksudnya, Emak bisa bepergian ke tempat yang suasananya seperti kampung. Biasanya identik dengan daerah yang asri, cuaca sejuk, pokoknya yang hampir punah di kota-kota besar. Salah satunya, Emak coba menelusuri sebuah kawasa [...]

2016-08-29 16:58:42 29

Menyalurkan Rasa Kepo dengan Mengikuti Berbagai Pelatihan di Hari Libur Agar Menjadi TKW Hebat dan Bermartabat

"Perempuann hebat adalah perempuan yang paham jati dirinya. Ia memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif. Untuk menjadi perempuan hebat, maka saat ia tahu bahwa ia tahu, ia memaksimalkan potensinya. Saat ia tahu bahwa ia tidak tahu, ia akan bekerja keras untuk mengejar ketidaktahuannya sampai ia tahu."- Khofifah Indar Parawansa - Menteri Sosial. "Perempuan heb [...]

2016-08-25 14:12:51 29

Hancurkan Dinding Penghalang Kemajuan

Kemampuan perempuan Indonesia tak perlu diragukan lagi. kerajaan Majapahit mengalami masa kejayaan dibawah kepemimpinan seorang perempuan, Ratu Tribhuawa Tunggadewi. Jika disebutkan satu persatu maka daftar perempuan Indonesia yang sukses di bidangnya akan sangat panjang. Namun, perempuan sering merasa bahwa yang menjadi penghalang bagi kemajuannya adalah faktor-faktor dari luar. Seperti kemisk [...]

2016-08-25 11:37:51 29

Cintaku Pada Negara Merah Putih

MERDEKA!!! Hentakan suara lantang semua muda mudi Indonesia setiap petengahan bulan Agustus. Rabu kemarin tepat tanggal 17 Agustus 2016 semua warga Indonesia melaksanakan upacara bendera memperingati hari kemerdekaan. Rasa bangga dan haru yang pasti ada dalam jiwa raga kita semuanya. Kemeriahan ini juga semakin semarak dengan diadakannya acara lomba 17an di sekolah, instansi maupun di lingkunga [...]

2016-08-21 15:44:12 29

Jember Fashion Carnaval JFC Karnaval Paling Heboh dan Menarik peringkat 4 dunia

Emak pasti sudah sering mendengar nama kabupaten Jember ya? Sebuah kota kabupaten yang berada hampir di ujung timur pulau Jawa. Sebagian besar wilayahnya berupa perkebunan, hutan dan pantai. Dengan komoditas utama berupa tembakau dan kakao. Tembakau Jember telah terkenal di luar negeri, loh Mak, terutama di Jerman. Kabupaten Jember memiliki beragam pilihan tujuan wisata. Dari pantai y [...]

2016-08-10 09:28:28 29

Perempuan Tekno di Era Digital dalam Pemberdayaan Menuju Financial Freedom

Dear Emaks, izinkan saya berbagi inspirasi dalam event kali ini ya! Apa yang terlintas dalam benak Emak saat mendengar kata digital teknologi? Kemajuan jaman atau kemunduran karakter? Jawabannya pasti variatif ya! Maka dari itu, saya ingin mengangkat satu tema di sini. Pemberdayaan teknologi. Jika membicarakan hal ini, tentu saja tak lepas dari satu komunitas tempat saya bernaung. [...]

2016-08-08 09:53:14 29

Public Speaking Seni Berbicara Di Depan Umum

Apakah Emak termasuk orang yang tiba-tiba pendiam kala harus berbicara di depan orang banyak? Padahal dalam keseharian, Emak senang berinteraksi dengan banyak orang. Memang tidak semua orang memiliki keterampilan berbicara di depan banyak orang. Bahkan saat memberikan presentasi di depan rekan kantor, saat pertama mulai berbicara, rasa grogi  dan malu selalu muncul. Public speaking merupak [...]

2016-06-27 14:36:02 29

AGAR ANAK EMAK TAK BOSAN SAAT LIBUR RAMADHAN

Libur Ramadhan telah dimulai. Hampir semua sekolah , sesuai dengan kalender akademik melaksanakan libur Ramadhan. Biasanya, hari pertama libur anak-anak masih merasa senang, namun memasuki hari kedua, ketiga dan seterusnya, maka mereka mulai merasa bosan. Emak tak mau kan kalau mereka bermain game seharian selama 2 minggu, terus-menerus? Tapi, mengajak mereka jalan-jalan terus pasti boros. Apalagi [...]

2016-06-07 23:01:42 29

Sakola Pasar dan Perpustakaan Alit Cihapit Bandung

Apa yang terlintas di dalam benak ketika mendengar kata 'pasar tradisional'? Becek, bau, kotor, dan jauh dari kesan modern. Dan pada kenyataannya, kesan tersebut memang masih dijumpai ketika Emak berbelanja di pasar tradisional saat ini.     Namun di Jumat siang itu (20/5), salah satu tim emakpintar.asia sempat dibuat terkejut ketika menghadiri acara peresmian Sakola Pasar [...]

2016-06-03 22:56:30 29

Wanita Mandiri Secara Ekonomi

            Kondisi yang dihadapi oleh kebanyakan kaum Emak adalah tanggung jawab sebagai seorang istri maupun ibu dalam urusan rumah tangga seringkali dianggap sebagai penghambat kemajuan. Namun berpasrah pada keadaan sepertinya sudah menjadi slogan kuno. Saat ini, kegerakan kaum wanita makin menjadi dalam menyikapi perekonomian keluarga. Berbekal niat yang dala [...]

2016-06-02 22:09:37 29

Memulai Bisnis dari Nol Untuk Menjadi Wirausaha di Era MEA

Tajuk di atas adalah tema dari kegiatan yang diadakan oleh Indsript Creative dan PT Bratachem. Bekerja sama dengan pemerintahan kota Bandung terutama kelurahan Ciseureuh, kecamatan Regol, acara yang diadakan pada hari Kamis, 12 Mei 2016 kemarin ramai dihadiri oleh 60-an ibu-bu yang siap mendapatkan ilmu untuk menjadi seorang entrepreneur.  Acara dimulai dengan sambutan dari Ibu lurah dari [...]

2016-05-30 05:42:44 29

Perlindungan Optimal dengan Nutrisi dan Stimulan

`We may not be able to prepare the future for our children, but at least we can prepare the children for the future`. Kutipan dari Franklin D Roosevelt tersebut menjadi catatan kecil bagi saya  dalam Seminar Parenting dari Dancow yang diadakan pada hari Minggu, tanggal 22 Mei 2016 kemarin di Hotel Trans Luxury Bandung. Acara dengan hastag #DANCOWLindungi ini berlangsung selama hampir 4 jam [...]

2016-05-30 05:19:47 29

Perempuan Memang Harus Mandiri

Gabunglah di acara ini! 08.00: registrasi  08.20: pembukaan oleh mc dan pembacaan doa 08.30: sambutan dari ketua iwapi 08.45: sambutan presiden ima bandung 09.00: sambutan KUDO 09.15: diskusi panel Moderator: indari mastuti Pembicara: 1. Mutiara Udjo, Saung Angklung Udjo 2. Masrura Ramidjal 3. Dewi Sartika 10.15: praktek bikin kue bersama ina cookies 12.00: yuk jadi pengusaha d [...]

2016-05-28 19:09:00 29

SahabatPerempuan

‪ Keprihatinan kami, para perempuan mengenai masalah-masalah perempuan dan anak-anak semakin memuncak.  Tidak cukup dengan kasihan! Tidak cukup dengan menangis! Tidak cukup hanya dengan berdo'a! Saatnya kami harus beraksi demi setitik terang untuk sesama perempuan. Jumlah perempuan di Indonesia sangat besar, lalu kenapa tidak mampu membuat satu kekuatan besar untuk sekadar memba [...]

2016-05-28 18:50:19 29

Tiga hal penting dalam Food Photography

Banyak Emak berbisnis online berupa produk makanan tetapi kerap dagangannya tidak laku. Padahal ketika tester dibagikan, banyak yang suka. "Kenapa ya?," tanya salah seorang emak yang penasaran.   Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah kurangnya kesadaran akan pentingnya menyajikan gambar-gambar menarik dari makanan yang ditawarkan. Seringkali gambar-gambar yang [...]

2016-04-22 10:08:31 29

Workshop Ngobrol Asyik Selamatkan Generasi dari Bahaya Pornografi

Pada 27 Februari lalu, bertempat di Aula Masjid Istiqomah Bandung, saya menghadiri Workshop Ngobrol Asyik Selamatkan Generasi dari Bahaya Pornografi. Acara tersebut diprakarsai oleh Sabumi (Muslim Homeschooling Bandung) dan disponsori oleh emakpintar.asia. Beberapa narasumber ahli di bidangnya berbagi cerita. Mulai Kak Sinyo Egie sebagai konsultan penanganan anak terpapar pornografi, Bu Ida N [...]

2016-04-09 14:56:20 29

Semua Bisa Jadi Pengusaha Bersama Kudo

Perkembangan bisnis online di Indonesia mulai menggeliat. Para pebisnis beramai-ramai meng-online-kan bisnis yang  mereka miliki. Selain karena meningkatkan pasar, bisnis online juga juga memerlukan cost yang lebih sedikit dibandingkan dengan bisnis konvensional.  Walaupun begitu, ternyata tidak semua masyarakat beralih ke pembelian dan pembayaran online. Beberapa hal yang menyebabkan [...]

2016-04-08 13:44:22 29

Arisan Ke3 Emak Pintar Bandung

  Sabtu, 12 Maret 2016 pukul 12:00 WIB. Hujan lebat tidak menyurutkan niat para emak yang tergabung dalam komunitas Emak Pintar Bandung untuk menghadiri Kopdar Emak Pintar Bandung (EPB) ke-3. Kali ini mengambil tempat di Hijab Factory, Jalan Pelajar Pejuang 45 No. 25 Bandung. Setelah melalui acara perkenalan setiap emak yang hadir, Indari Mastuti memberikan penjelasan singkat tentang be [...]

2016-03-30 16:05:01 29

Kopdar ke3 EmakPintar Yogya Berani Bermimpi

Tanggal 9 Maret 2016, EmakPintar Yogya kembali mengadakan kopdar yang ke-3. Kali ini kopdar diadakan karena kebetulan Founder EmakPintar, Indari Mastuti sedang mengikuti pameran Wirausaha Muda Mandiri di Graha Sabha UGM. Jadi kopdar pun sekalian diadakan di stand IndScript. Kopdar kali ini hanya dihadiri sekitar 6 orang. Walaupun tidak sebanyak kopdar ke-2, tapi materi yang disampaikan Indari t [...]

2016-03-26 17:00:47 29

Kopdar ke2 EmakPintar Yogya Seru dan Syarat Ilmu

Suatu kebahagiaan dan kebanggaan bagi EmakPintar Yogya, karena di kopdar ke-2 pada tanggal 14 Februari 2016, Indari Mastuti sebagai founder EmakPintar bisa datang ke Jogja untuk pertama kalinya. Tidak hanya itu, hadir pula salah satu alumni training IndScript yaitu Etty Setyarsi dari Bogor. Yang tak kalah serunya adalah juga dihadiri oleh teman-teman dari Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) Jogja. Sehingga [...]

2016-03-25 17:54:46 29

Kegiatan sosial Sekolah Perempuan emakpintar

Kegiatan sosial Sekolah Perempuan - emakpintar 1. Jumat, 19 Februari 2016, kelas Menulis Sebagai Terapi 2. Jumat, 18 Maret 2016, kelas Menulis Memoar untuk Sumber Bahagia 3. Jumat, 15 April 2016, kelas Menulis Sebagai Komunikasi Ibu dan Anak 4. Jumat, 13 Mei 2016, kelas Menulis Diary untuk "Me Time" 5. Jumat, 17 Juni 2016, kelas Menulis Catatan Perkembangan Anak 6. Jumat, 15 Juli 2016, ke [...]

2016-02-18 06:33:43 29

Menuju Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari

Kurang dari sebulan lagi menuju peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari 2016, Yuk semangat dan ikhtiar kita dikerahkan maksimal untuk mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat di Indonesia untuk peduli akan kondisi sampah. 🇮🇩🇮🇩🇮🇩 Ini momen kita teman-teman, momen yang tak boleh dilewatkan saat berkumpulnya seluruh masyarakat yang tergerak dan peduli terhadap sampah. [...]

2016-02-18 06:33:42 29

BEDAH BUKU KULIAH JURUSAN APA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN

Untuk Emak yang tahun ini anaknya mau masuk kuliah, ada buku bagus nih. Buku seri `Kuliah Jurusan Apa?` Isinya tentang macam-macam jurusan yang bisa diambil ketika kuliah. Hari Sabtu, 16 Januari 2016 kemarin, saya dan Melly dari Emak pintar Bandung berkesempatan membedah buku `Kuliah Jurusan Apa?` seri Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan hasil karya Chitra Savitri, di r [...]

2016-02-18 06:33:42 29

Latifa Spa Home and Baby Spa

Badan pegal, rambut terasa kucel terkena keringat dan debu, tenaga rasanya sudah lunglai. Sebagai penulis dan reporter yang mengharuskan mobile, tingkat stres dan capek jelas tinggi. Tapi bagaimana cara agar tubuh segar dan semangat kembali melambung? Ahaa, saya ingat kalau saya mendapat undangan spesial untuk merasakan message dan creambath di Latifa Spa, Mommy and Baby Spa yang berlokasi di Kara [...]

2016-02-18 06:33:42 29

Bedah Buku

Minggu, 13 Desember 2015 EmakPintar menjadi saksi lahirnya penulis baru. 7 penulis perempuan yang tergabung dalam Womenscript Community mengadakan bedah buku di Blok M Square, Jakarta Selatan. Ada hal yang unik pada acara kali ini. Ya, rasanya inilah satu-satunya bedah buku yang melibatkan banyak penulis dengan satu gender, yaitu 7 penulis perempuan sekaligus. Founder WSC, Mbak Deka Amalia sendiri [...]

2016-02-18 06:33:42 29

ARISAN PERDANA EMAK PINTAR BANDUNG

Setelah lebih dari 1 bulan hanya berkomunikasi di Whats app group Emak Pintar Bandung, akhirnya Rabu, 13 Januari kemarin para Emak bisa langsung ketemuan di acara kopdar (kopi darat) Emak Pintar Bandung yang kedua. Hampir 30 orang Emak yang berkumpul, mulai dari Cimahi hingga Tasikmalaya. Jarak tidak menjadi masalah bagi para Emak ini untuk datang. Karena mereka tau akan ada oleh-oleh ilmu, pengal [...]

2016-02-18 06:33:42 29

BEDAH BUKU FULL TIME MOM VERSUS WORKING MOM

Perasaan senang plus bangga ketika saya mendapatkan kesempatan bedah buku Full Time Mom Versus Working Mom di MQ fm bareng Emak pintar Bandung pada hari Minggu sore kemarin. Bagaimana tidak, buku hasil karya seorang Indari Mastuti yang ke-61, bekerja sama dengan penulis perempuan dari Turki Dian Akbas adalah buku yang bisa dibillang laris manis bak kacang goreng. Dalam 2 minggu pertamanya buku [...]

2016-02-18 06:33:41 29

KOPDAR perdana Emakpintar Dejabotabek

Alhamdulillah setelah menunggu beberapa lama semenjak Emakpintar hadir, kopdar Emakpintar Dejabotabek dapat diselenggarakan. Minggu, 10 Januari 2016 bertempat di Rumah Makan Ayam Bebek Tulang Lepas, Cililitan Jakarta Timur, sungguh jadi hari membahagiakan untuk emaker ( sebutan untuk ibu di emakpintar). Tepat pukul 09:00 Wib para emak mulai berdatangan. Bila selama ini hanya kenal di dunia maya, s [...]

2016-02-18 06:33:41 29

Penebar Swadaya 35 Tahun Berkarya

Usia 35 tahun bagi manusia adalah usia matang, dimana kedewasaan dalam bertindak dilandasi keselarasan antara hati dan pikiran. Demikian pula dengan sebuah penerbit. Malang melintang selama 35 tahun bukan waktu yang singkat. Usia yang matang bagi sebuah penerbit untuk makan asam garam dunia penerbitan di Indonesia. Dengan tingkat minat baca dan daya beli masyarakat pada buku yang masih rendah, buk [...]

2016-02-18 06:33:40 29

Search

Most View

other5 Tips Berani Nyetir Sendiri Untuk Para Emak

Banyak Emak-emak yang sudah lama punya SIM A, bahkan sudah pernah b [...]

2016-05-04 21:47:23 view : 612356

otherTips mengaktifkan kembali kartu indosat ooredoo yang telah hangus

Cara mengaktifkan (re-aktivasi) kartu M3 ooredoo yang telah [...]

2017-05-13 23:39:54 view : 20622

inspirationPernah Bangkrut Maka Kini Dinii Fitriyah Berbisnis Tanpa Hutang Hingga Punya 300 Agen

Pernah punya bisnis komputer yang sudah berbentuk CV, ada 3 toko, o [...]

2016-09-30 09:10:18 view : 17244

bisnisSyarat Pencabutan NPWP Istri

Oleh: Zeti Arina

[...]

2016-02-18 06:33:42 view : 9971

Latest posts

otherMenjadi Tua dan Sunyi

       Menyaksikan orang-orang sekita [...]

2017-09-18 13:08:22 view : 71

cerpenIBU DAN CEMBURU 2 AKHIRNYA HARUS PERGI

IBU DAN CEMBURU 2: AKHIRNYA HARUS PERGI

[...]

2017-09-16 12:08:07 view : 114

inspirationMenyapih dengan Cinta ala Ummu Uwais

 

Anak udah dua tahun lebih, tapi masih menyusui? Di [...]

2017-08-19 12:51:35 view : 184

motivasiBUDAYA EWUH PAKEWUH

Mak, ada yang masih ingat nggak dengan kata “ewuh pakewuh?&rd [...]

2017-07-24 15:04:03 view : 216